iklan responsif

10 Tips Lolos SMBPTN Dengan Mudah dan Pasti Lulus






Menjadi mahasiswa merupakan idaman bagi semua orang dan tentu tidak mudah untuk bisa masuk kedalam perguruan tinggi negri pavorit apalagi jurusan jurusan yang memang memiliki persaingan yang ketat. seperti keokteran, fakultas teknik dan fakultas ekonomi menjadi rebutan bagi calon calon mahasiswa dalam memperebutan kursi kosong tersebut.

Pada ujian SMBPTN tahun 2019 ini menggunakan hasil UTBK serta melalui Tes Potensi Akademik dan Tes Kemampuan Dasar yang merupakan tes wajib bagi pelamar dan peserta dari berbagai daerah, namun yang perlu kamu ketahui salah satunya adalah peserta yang di terima dalam jalur SNMPTN tidak diperboleh kan untuk mengikuti ujian masuk SMBPTN. nah buat kamu yang akan mendaftarkan SMBPTN akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- dan dapat di bayarkan di bank yang telah bekerja sama. namun jika kamu mengikuti SNMPTN tidak di kenakan biaya formulir pendaftaran.

1. Mengikuti Les Tambahan
Nah buat kamu yang ingin lulus masun Perguruan Tinggi Negri bisa mengikuti les tambahan yang khusus membawah soal-soal ujian masuk PTN dan biasanya berlangsung selama 2 bulan dan di adakan di base camp. umumnya kamu dapat mengikuti les seperi Primagama, ganesha operation dll. biasanya lembaga pendidikan tersebut membuat program jaminan masuk PTN dan di berikan langkah-langkah dan soal-soal yang membuat tidak bosan dalam mengikuti program tersebut.
2.Belajar Kelompok atau Teman
Namun bagi kamu yang tidak memiliki dana untuk dapat mengikuti les PTN yang diselenggaran lemabaga pendidikan karena biaya yang sangat mahal kamu dapat belajar dan membangun kelompok belajar yang beranggotakan teman-teman yang ingin mengikuti ujian masuk SMPTN. namun kurangnya belajar kelompok adalah tidak adanya pembimbing.

3. Belajar Privat Online 
Saat ini banyak sekali privat-privat yang dilakukan secara online sehingga kamu bisa belajar dari HP maupun PC dan laptop. salah satu yang terkenal dalam Les Privat online adalah Ruang Guru. selain harga yang dibebankan terjangkau juga kamu disediakan Customer service yang bisa membantu pelajaran yang tidak kamu mengerti.

4. Mengunjugi Kaka Kelas 
Dengan kamu mengunjungi kaka kelas yang diterima di perguruan tinggi yang kamu incar kamu juga bisa meminta tips-tips dan bagaimana caranya agar dapat masuk perguruan tinggi, sehingga kamu tidak perlu membuat kesalahan yang pernah kaka kelas kamu lakukakan.

5. Memilih Jurusan Yang Sesuai Minat
Jika kamu ingin masuk ke jurusan yang kamu target dan tuju biasanya kamu dapat mengetahui jumlah kursi yang tersedia serta berapa jumlah orang-orang yang memperebutkannya. misalnya [ada data tahun kemarin di jurusan kedoteran UI tersedia 45 bangku jurusan kedoteran dan diperebutkan oleh 4500 orang sehingga jika di rata-ratakan satu kursi di incar oleh 10 orang. nah dari situ kamu bisa ketahui seberapa kemampuan mu dan apakah hasil uji coba ujian mu bisa masuk jurusan tersebut.
6. Perbanyak Olah Raga dan Istrirahat
Biasanya siswa yang hendak mengikuti ujian SMBPTN selalu membuat dirinya stres dan kurang ber olagraga. selain itu tingkat stres dan ketakuan yang tinggi tidak di terima di PTN bisa membuat siswa menjadi putus asa oleh karena itu coblah sesekali untuk ber olah raga dan bersitirahat tidak belajar sama sekali dan bila perlu cobalah untuk berekreasi agar segar di pikiran.

7. Buat Jadwal Belajar
Nah buat kamu yang biasanya tidak teratur dalam belajar mulai saat ini kamu harus mulai membuat jadwal sendiri dan pelajaran yang akan kamu pelajari hari per harinya dan pastikan kamu selalu menguji diri sendiri apakah kamu memiliki nikai dan skor yang cukup untuk masuk PTN.

8. Minta Restu Orang Tua
Saat ujian ini kamu tidak akan bisa melakukannya sendiri, kamu perlu meminta restu dan doa dari orang tua agar kamu bisa masuk PTN. karena doa orang tua itu makbul sehingga sangat baik buat kamu yang akan mengikuti ujian PTN.

9. Masuk Dengan Ujian Mandiri dan Jalur Khusus
Biasanya setelah SBMPTN ada lagi jalu khusus di jurusan jurusan tertentu yang kekurangan mahasiswa, nah kamu bisa masuk melalui jalur khusus tersebut. bisa juga jalur sumbangan dengan biaya mahal tapi bisa masuk, namun jika masih terlalu mahal kamu bisa ambil masuk dengan cara pilih jurusan yang paling tidak favorit nah setelah kamu di terima di kampus tersebut selama 6 bulan kamu bisa pindah jurusan ke jurusan favorit yang kamu sukai.

10.Berdoa dan Bersyukur
Setelah kamu melakukan berbagai usaha dan daya saatnya kamu berdoa dan menyerahkan hasil semuanya kepada tuhan, karena pilihan tuhan adalah jalan terbaik buat kita. setelah itu kamu juga wajib bersyukur dan menerima semua yang telah terjadi dan jangan stres dengan keadaan ini karean semua ujian hidup hanya sementara, kita yang jalani selanjutntya tuhan yang menentukan.

Itulah rangkaian tips-tips yang bisa kamu lakukan agar bisa lolos SMBPTN dan semoga kamu mendapatkan hasil yang terbaik dan ingat jangan di bawa stres ya, jalani dengan enjoy dan penuh suka cita bersama teman-teman mu karena semua ini hanyalah bagian dari hidup mu sebenarnya yang perlu kamu jalani. jika kamu ingin melihat fropil kampus seluruh indonesia klik disini Frofil Kampus .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel