iklan responsif

Awal Puasa 2019 dan Proses Penetapannya


Bulan ramadhan merupakan bulan penuh hikmah yang sangat di tunggu -tunggu oleh semua kalangan umat islam di seluruh dunia. di bulan ramadhan ini pula semua umat muslim melakukan lebih banyak ibadah harian dan selalu membuat kegiatan-kegiatan keagamaan yang terbaik bagi kebutuhan diri dan dan lingkungannya. bulan ramadhan juga adalah pesta nya para pedagang dan pengusaha karena semua akan ramai dan berjulan akan selalu laris manis.



Tanggal Penetapan Bulan Ramadhan
Tanggal penetapan bulan ramadhan diperkirakan pada bula mei tanggal 5 atau tanggal 6 dan semua keputusa ini melalui proses penghitungan  dan melihat bulan hilal. sedangkan berakhirnya ramadhan diperkirakan berakhir pada tanggal 4 juni 2019. namun semua ini tergantung dari pengamatan bulan dan kalender islam apakah akan puas selama 29 hari atau 30 hari.

Penetapan Dengan Melihat Hilal
Menentukan bulan puasa dengan cara melihat hilal merupakan cara yang dilakukan oleh nabi dan para sahabat dalam menentukan awal puasa dan akhir puasa.Hilal ini dengan cara melihat bulan di langit serta ketika di langit terlihat di tutupi awan maka puasa akan di genapkan menjadi 30 hari. dan sampai saat ini masih digunakan di indonesia dalam menentukan awal dan akhir ramadhan.


Kewajiban Bulan Puasa
Kewajiban bulan puasa adalah wajibnya berpuasa kecuali ada halangan yang secara syari bisa mengganti puasa di lain waktu. selain itu bulan ramadhan juga bulan meningkatkan ibadah dan bezikir sselam sebulan penuh. selama bulan puasa ini juga dilarang minum dan makan selama bulan puasa.

Shalat Tarawih
Dalam malam-malam di bulan puasa juga banyak yang melakukan ibadah sunnah lain seperti shalat tarawih. shalat ini ada yang melakukannya 11 rakaat dan ada juga yang melakukannya 24 rakaat selam sebulan puasa penuh. selain itu juga biasanya orang melakukan tadarus quran selama sebulan penuh. dan ketika di akhir bulan maka sebagian umat muslim melakukan itikaf selama 10 hari terakhir ramadhan di masjid demi mendapatkan malam lailatul qadar. lailatu qadar sendiri merupakan malam seribu bulan yang dimana semua dosa dan keinginan kita akan dikabulkan.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel