iklan responsif

Pidato Tentang Ibu kita Kartini Dan Sejarahnya





Sejarah Ibu Kartini
Siapa sih yang tidak kenal dengan Ibu Kartini yang setiap tahunnya diperingati dengan hari Kartini setiap tanggal 21 April, dengan nama lengkap Raden Ajeng Kartini merupakan bangsawan Jawa yang terlahir di tanggal 21 April 1878 dan meninggal di rembang pada tanggal 17 september 1904 dan dinoatkan sebagai pahlawan nasional oleh pemerintah indonesia yang akhinya setiap tanggal 21 april kita memperingatinya. Karena sejak usia 12 tahun kartini kecil sudah tidak sekolah, namun karena dia pandai berbahasa belanda sehingga banyak sekali buku berbahasa belanda yang di bacanya seperti Max Havelaar karya penulis Multatuli dan buku Waffen Nieder serta buku De stille Kraacht Karya Louis Coperus. dari situlah kartini muda sering mengirimkan buah pikirannya ke majalah wanita belanda dan dimuat disana.


Kota Kelahiran Ibu Kartini
Lahir di Jepara pada tanggal 21 april 1878, Kartini merupakah bangsawan pada jamannya. hal ini dikarenakan bapak dari kartini adalah  seorang bupati di jepara yang memiliki nama Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat  dan memiliki ibu yang bernama M.A Ngasirah. silsilah bangsawan dari Kartini sendiri memiliki silsilah dari hamengkubuwana VI dan secara terus menurerus sebagai keturunan bangsaawan. selain itu kartini merupakan anak ke 5 dari 11 bersaudara.

Baca Juga : 6 Sosial Media Yng Cocok Untuk Online Shop

Buku-Buku Berdasarkan Tulisan Kartini
Buku yang di terbitakan tahun 1922 berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang
Buku Kedua terbit tahun 1979 yang berjudul Renunangan Tentang dan Untuk Bangsanya
Karya yang terbit tahun 1900-1904 adalah yang berjudul An Indoneisan Feminist


Peringatan Hari Kartini
Sejak keluarnya Kepres nomer 108 tahun 1964 soekarno saat ini menetapkan sebagai presiden bahwa setiap tanggal 21 April di peringati sebagai hari kartini dan Kartini si angkat menjadi pahlawan nasional. nah biasanya di sekolah sekolahpada tanggal ini kaum wanita suka mengenakan kebaya khas mirip ibu kartini

Biodata R.A. Kartini

Nama lengkap : Raden Adjeng Kartini
Tempat lahir : Jepara, Hindia Belanda
Tanggal lahir : 21 April 1879
Tempat meninggal : Rembang, Hindia Belanda
Tanggal meninggal : 17 September 1904 (usia 25 tahun)
Makam : Taman Makam Pahlawan Semaki
Penghargaan sipil : Pahlawan nasional Indonesia

Baca Juga : Cerpen Motion Of Love

Pidato Tentang Ibu Kartini
berikut puisi dan pidato tentanga Ibu Kartini








Ibu Kita Kartini Lirik





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel