iklan responsif

Cara Aman Mengemudi Mobil Saat Hujan Lebat


Mengendarai mobil saat hujan deras tentu tidak lah mudah saat mengendarai mobil saat cuaca normal. selain kendala jarak pandang. mengendarai mobil saat hujan deras juga dapat mengganggu konsentrasi pengemudi. apalagi jika kamu mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi bisa membuat ban kendaraan slip dan kemudi mobil kehilangan arah dalam menyeimbangkan kendaraannya. oleh karena itu sebelum hujan wajib buat kamu memastikan dan mengecek kendaraan kamu ketika hendak berpergian guna menghindari hal-hal yang tidak di ingin kan. berikut di bawah ini kami beri tips aman danyaman mengemudi saat hujan lebat

1. Perhatikan AC
Jangan Arahkan AC ke kaca atau ke atas karena AC yang di arahkan ke kaca akan mengakibatkan kaca kendaraan menjadi berembun sehingga pandangan pengemudi terhalang. namun jika setelah AC di arahkan ke bawah kaca masih juga berembun maka dapat dipastikan karena settingan temperaturnya masih terlalu dingin. Artinya jika terlalu dingin di dalam maka kaca luar yang berembun jika terlalu dingin di luar maka kaca bagian dalam yang akan berembun.

2. Nyalakan Lampu Fog Lamp
Dengan menyalakan lampu fog lamp membantgu pengendara di arah berlawanan untuk melihat kendaraan dan mengetahui kendaraan kita, baik lampu di depan maupun di belakang.

3.Cek Kondisi Ban
Jika kamu sudah mengethaui kondisi ban kamu gundul dan belum sempat ganti, kami menyarankan kamu untuk menjaga kecepatan jangan sampai terlalu cepat agar tidak mengerem mendadak sehingga kestabilan kita masih terjaga.

4. Cek Wifer
Jika wifer sudah agar keras biasanya akan mengakibatkan kerusakan kaca dan juga tidak akan maksimal dalam membantu pengemudi melihat dan mengendarai mobil saat hujan. gantilah wifer depan kendaraan kamu ya, karen wifer depan ini yang bagus harganya 180 ribuan dengan masa dan ketahanan selama 2 tahun.

5. Ketika Medapati Genangan
usahakan saat menemui genangan hujan untuk menghndarai dan menjaga kecepatan agar cipratan air yang ada di mobil kamu tidak mengenai pengendara motor atau pejalan kaki. karena biasanya jik akita mengenai pengendara motor dan pejalan kaki maka doa-doa jelek akan di arahkan ke kita.

6. Cek Tekanan Angin Pada Ban
Mengendarai mobil pastikan tekanan angin ban mobil kamu di 35Psi, tekanan 35Psi ini cukup keras dan nyaman untuk ban mobil kamu. dengan selalu menjaga dan mengecek tekanan pada ban membantu kamu agar kendaraaan tidak tergelincir dan melayang saat kendaraan berjalan. karena kendaraan yang melayang saat berjalan berpotensi hilangnya kendali pengendara.

7. Jangan Nyalakan Lampu Hazard
Menyalakan lampu fog lamp dan lampu utama sangat membantu pengedara lain untk mengetahui posisi kamu dan itu juga bagus namu kami sarankan jangan menyalakan lampu hazard yang biasa dinyalakan pengendara lain saat hujan karena fungsi dari lampu hazard sebenarnya untuk keadaan berhenti darurat. penggunaan lampu hazard saat hujan justru akan membuat pengendara di belakang kamu menjadi tidak konsentrasi dan terganggu dan membuat pengendara di belakang kamu tidak mengetahui jika kamu hendar berbelok.

Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel