iklan responsif

Cara Benar Membaca dan Memahami Kode Ban Mobil


Memilih ban mobil memang tidak lah mudah, umunya orang hanya mengenal Lebar dan ukuran velg nya saja. oleh karena itu kamu yang akan mengganti ban mobil kamu wajib mengetahui kode-kode ban yang akan kamu gunakan apakah masih baru atau sudah kadaluarsa. karena ban mobil yang sudah jatuh masa nya akan mempengaruhi kondisi mobil ketika digunakan di jalan. oleh karena itu sebelum hal itu semua terjadi kamu wajib menyimak artikel dibawah ini apaka saja yang perlu dan waji kamu ketahui.

Misal kode Ban dengan kode 185/65/R15 
Artinya 185 ini merupakan lebar telapak mobil jika di ukur dengan satuan inci atau 18,5 cm sedangkan kode 65 pada ban adalah 65% nya tinggi ban yang mau kamu beli sehingga angka 65% nya jika semakin kecil maka akan semakin tipis ban kamu alias tidak tinggi ya. sedang kan R15 artinya Ring 15 yang berdasarkan diameter inci yang di ukur dari diameter velg. ring sendiri di mulai dari angka 13 sampai angka 22. 

Selain Itu Ada Juga Kode Dalam 5013 
Yang artinya mobil ini dibuat di minggu ke 50 di bulan ke 13 yaitu dibuat di akhir 2013 di bulan oktober atau november dan kamu juga wajib mengetahui masa kadaluarsa dari ban yaitu 3 tahun. sehingga jika lebih dari 3 tahun maka akan mempengaruhi kualitas ban sehingga ban yang kamu beli bisa saja produksi lama. maka dari itu pilihlah kode ban terbaru dan tidak lebih dari 3 tahun.

Kode Muatan Mobil
Biasanya ada kode muatan pada ban misal bertuliskan muatan 56 kg dengan maksimal tekanan 44 Psi. sehingga biasanya tekanan mobil kamu cukup di 35 udah sangat keras ya dan bagus.  dan pastikan ban yang kamu beli merupakan ban tubless sehingga ketika bocor cukup mudah di perbaikinya.

Huruf Q atau S Pada Ban
Huruf Q pada ban bisanya menandakan berapa kecapatan sebuah ban dapat di pakai ketika dijalan kan di jalanan misal dengan kode Q tesebut umumnya hanya dapat di jalankan dengan mobil berkeapat maksimal 160 km/jam  sedangkan jika terdapat kode S maka kecepatan yang dapat di gunakan adalah 180 k/jam.  lain lagi jika kamu mendapati kode nya adalah Y maka ban mobil tersebut dapat di kendarai dengan kecepatan 300 km perjam.

Huruf P / Passenger
Kode P dalam ban mobil memiliki arti bahwa mobil ini dapat mengangkut penumpang. selain huruf P ada juga kode Light Trusck (LT) dan Juga Special trailer (ST) atau Temporary (ban cadangan) kode kode ini mesti kamu ketahui agar kamu dapat memilih ban terbaik.

Kode DOT / SNI
DOT sendiri artinya Departemen Of Transportasion. atau ban tersebut sudah memiliki kelayakan yang benar dan terjamin atau sudah sesuai Standar Nasional Indonesia.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel