iklan responsif

Cara Membeli dan Memilih Mobil Bekas



Membeli sebuah mobil impian yang sesuai dengan budget kamu tentu merupakan harapan terbesar kamu, namun memilih mobil tidka lah semudah itu, perlu kemampuan lebih jika kamu ingin membeli mobil bekas dan begus ketika dipakai, kamu pun bisa membeli mobil bekas jakarta atau mobil bekas bandung sesuai dengan posisi kamu berada. dengan berbagai tipe mobil baik jenis mobil xpander bekas atau mobil wuling bekas atau mercy bekas dan mobilio bekas bisa jadi opsi pilihan kamu, yuk simak berikut cara membeli dan memilih mobil bekas kamu


1. Tentukan Dulu Kebutuhan Mobil Kamu
Misal klo untuk 3 orang ayah, istri dan anak maka kamu cukup menggunakan mobil 2 baris saja seperti mobil sedan, mobil seperti brio dan lainnya namun jika kamu mencari mobil yang sering di pakai bersama sama misal membawa juga mertua, kaka ipar maka mobil yang cocok kamu gunakan adalah mobil 3 baris seperti mobilio, grand livina dan mobil bekas xpander.

Baca Juga : 


2. Tentukan Budget Kamu
Jangan Pernah Memaksakan membeli mobil yang tidak dapat kamu beli, jadi tentukan budget tertinggi dari mobil yang kamu cari dan jangan memaksakannya. seran terbaik mimin jangan pernah membeli mobil di leasing secara kredit karena akan memberatkan kamu dan keuangan kamu tiap bulannya. sehingga bersabar lah untuk menabung lagi.

3. Tentukan Beberapa Model Pilihan Mobil Kamu
Misal kamu ada budget 100 juta maka tentukan beberapa mobil yang variable dengan keuangan mu, misal kamu memilih mobil nissan, honda brio atau mobil carnival. selain itu kamu juga bisa mendapatkan referensi tentang model yang ingin kamu beli di Marketplace.

4. Pastikan Mobil Bekas Tersebut Layak Untuk di Beli
Pastikan memilih mobil yang kamu mau tersebut layak untuk kamu beli, sehingga pedoman dalam memilih mobil bekas tersebut ini bisa kamu gunakan sebagai acuan kamu. jika masih kesulitan kamu bisa membawa mobil tersebut ke bengkel untuk dilakukan pengecekan di bengkel.

5. Pastikan Mobil Yang Hendak Kamu Beli Mesinnya Sehat
Dalam memilih mobil sering kali kita terjebak dengan tampilan mobil yang mulus bersih seperti baru namu sering kali di bagian mesin nya jelek, nah mimin kasih saran lebih baik kamu membeli mobil yang memiliki mesin yang bagus tapi body jelek, untuk itu cara untuk mengecek mesin mobil tersebut bagus atau tidak salah satunya adalah 
  • Pastikan mesin mobil tersebut kering artinya mesin yang tidak ada rembesan oli pada mesin. untuk memastikan mobil ini kering temen-temen bisa masuk ke dalam kolong mobil dan bisa dilihat bahwa tidak ada tetesan oli atau pas saat parkir lama pastikan tidak ada tetesan.
  • Pastikan Mesin mobil saat dinyalakan terasa halus dan tidak ada bunyi seperti pincang dan getaran nya pun tidak terlalu keras.
  • Cium Aroma Knalpot, jika pembakaran mobil tersebut bagus maka aroma pembakaran itu terasa enak dan tidak aneh selain itu di mata juga tidak membuat perih.serta di bagian knalpot tidak ada asap berwarna putih atau hitam keluar.
  • Hal selanjutnya adalah hal yang tidak direkomendasikan karena akan berbahaya jika dilakukan apalagi jika dalam keadaan panas, yaitu mengecek air radiator saat mesin dinyalakan. nah solusinya kamubisa melihat di resrvoirnya kamu buka saat mesin menyala, mesin mobil yang baik air reservoirnya tidak muncrat kemana -mana.
  • Kamu juga bisa cek kebocoran di rem dan di cek teliti tidak ada rembesan sehingga menandakan mesin tersebut bagus.
  • Pastikan Mobil Bekas yang akan kamu beli mesin tersebut tidak overheat, cara mendetekasi mesin tersebut overheat adalah nyalakan mobil kamu secara lama selama 2 jam sampai 3 jam dan dibawa puter-puter maka mesin akan terasa apakah overheat atau tidak.
  • Pengecekan AC mobil bisa membuat kamu mengetahui apakah AC tersebut baik atau perlu perbaikan,  langkah pertama nyalakan AC ketika AC kamu nyalakan ada suara aneh itu indikasi bahwa kompresor AC mobil kamu harus di ganti Kompresornya saja. namun jika mobil masih keadaan dingin maka kamu masih bisa pakai mobil tersebut kecuali klo AC sudah tidak dingin. nah  untuk mengetahui AC dingin atau tidak coba tempel tangan kamu di lubang AC jika tangan kamu terasa di tusuk-tusuk oleh dinginnya AC maka menandakan AC kamu masih dingin.
6. Cek Body 
Pastikan dan Amati body mobil tersebut jangan sampai mobil ada yang keropos, nah untuk memastikan mobil tersebut keropos atau tidak, mau tidak mau kamu harus mengeceknya di bawah mobil dan jika kamu amati masih rapat dan tidak ada yang keropos maka mobil kamu masih bagus.karena klo masih ada keropos maka mobil kamu harus di las dan itu memerlukan biaya yang tidak sedikit.

7. Cek Air Ketika Mobil dipanasin di Kanlpot di waktu pagi
Klo mesin yang bagus ketika pagi kamu panasin mobil maka di Knalpot akan keluar air, itu menandakan mobil kamu masih bagus.

8. Cek Ban dan Velg
Cek Ban dan Velg Harus lengkap beserta cadangannya, kamu harus cek ukuran band dan velg juga harus sesuai dengan mobil yang akan kamu beli.

9. Pastikan Kelistrikan Lampu-lampu Normal
Cek lampu utama,lampu send kiri dan kanan, depan belakang, kabin danlampu hazar harus normal dan menyala.

10. Cek dan teliti Interior
lihat dengan teliti apakah interior masih original atau sudah diganti, jika ada yang di ganti minta sparepart originalnya. pastikan juga tidak ada lem atau baut yang kendor

11. Ketika Test Drive
coba ketika mobil berjalan pastikan kaki kaki mobil masih bagus, caranya adalah ketika mobil kamu jalankan maka pastikan bahwa ketika kamu lepas stir mobil saat mobil masih berjalan maka mobil masih berjalan dengan lurus.

Baca Juga : 

12. Pastikan Suspensi nyaman
suspensi pada mobil bukanlah barang yang murah karena sepasang suspensi harganya sekitar 800 ribu rupiah sepasang. maka pastikan suspensi tersebut baik dengan menjalankan mobil tersebut.

13. Cek mobil dengan Kecepatan Tinggi
Kamu bisa tau mobil bagus atau tidak dengan menjalankan mobil tersebut selama minimla 1 jam dengan kecepat tinggi di jalanan sehingga akan ketahuan mobil tersebut bermasalah atau tidaknya.

Langkah Terakhir dari semua ini adalah pastikan juga surat-surat kendaraan tersebut lengkap dan tidak bermasalah seperti surat-suratnya harus asli. langkah pertama adalah
  • Cek identitas nomer rangka dan mesin di BPKB serta STNK sama, serta cek juga di kendaraan mobil di letak nomer rangka dan mesinnya secara langsung.
  • Cek identitas pemilik harus sama dengan yang ada di STNK dan BPKB, namun jika kamu membeli mobil dari sebuah perusahaan atau bekas taksi kamu harus meminta surat pelepasan hak. surat ini dibutuhkan ketika kamu mau mutasi atau balik nama kendaraan kamu atas nama pribadi atau perusahaan kita. dan jangan lupa minta juga Faktur, faktur ini berisi asal usul kendaraan itu darimana. namun jika tidak ada faktur tidak masalah klo ada lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel