iklan responsif

Cara Membersihkan dan Menghilangkan Lidah Putih Pada Bayi


Ketika bunda menyusui bayi pasti bunda pernah merasakan bayi bunda terasa mogok makan atau sudah tidak bernafsu untuk menyusui lagi, sering kali pas bunda lihat di dalam mulut bayi tepatnya dilidah bunda melihat samar-samar putih di lidah bayi, gejala ini bisa di sebut umum namun juga bisa menjadi berbahaya jika dibiarkan begitu saja tanpa penanganan serius. Lidah putih pada bayi biasanya diakibatkan oleh 2 hal, yang pertama adalah karena susu dan yang kedua adalah karena adanya jamur di lidah bayi yang menempel yang jika dibiarkan akan menjalar ke tenggorokan dan membuat bayi malas makan karena terjadinya peradangan. nah bunda juga wajib tau dan dapat membedakan lidah putih karena susu atau karena jamur. lidah putih yang di akibatkan oleh susu bisanya memiliki ciri lapisan di lidah tersebut mudah sekali mengelupas maka dapat dipastikan dari susu namun jika yang terjadi adalah lapisan putih tersebut terdapat di bagian dalam mulut lain dan tidak mudah mengelupas bisa jadi dikarenakan oleh infeski jamur yang membuat bayi bunda menjadi malas makan.

Penyebab Lidah Putih Karena Jamur
Bakteri jamur yang menginfeksi lidah putih adalah Candida Albicans yang biasa menginfeksi bagian mulut bayi bunda, dan dapat terjadi juga pada orang dewasa namun tidak begitu berpengaruh kecuali jamur yang menginfeksi tersebut berkembang terlalu cepat baru dibutuhkan penanganan dokter yang baik. bayi yang terkena jamur ini umumnya diakibatkan karena proses ketahanan tubuh bayi yang masih berkembang sehingga mudah terinfeksi jamur, adapaun penderita ini sering diderita oleh bayi yang lahir dengan prematur atau bayi yang sakit lalu diberikan obat antibiotik, perlu bundaketahui bahwa antibiotik selain dapat membunuh bakteri jahat, jika di gunakan tidak sesuai dengan resep dokter maka akan jadi bumerang dengan membunuh bakteri baik yang menyertainya. maka dari itu bunda harus hati-hati ketika akan memberikan antibiotik untuk bayi ya. 


nah yang lebih berbahaya lagi bunda, bakteri yang menghinggapi si kecil ternyata juga bisa menulari dan menghinggapi bunda ketika bunda menyusui dan mengakibatkan beberapa gejala seperti terasa nyeri saat menyusui dan akan terus terasa selama tidak diobati dengan baik, terjadinya perubahan warna pada puting dan sekelilingnya dengan disertai sisik kasar juga loh. namun bunda tidak perlu khawatir kok, jika hal tersebut di atas terjadi bunda bisa menyembuhkan nya dengan memebrikan krim sesudah menyusui ya.


Lidah Putih dan Pahit
Lidah yang sehat umumnya berwarna merah atau pink sesuai dengan warna lidah tersebut, nah umumnya lidah putih di akibatkan oleh faktor permukan lidah hilang disertai bercak putih di pinggiran lidah, hal ini bukan dikarenakan oleh jamur ya, bisa juga lidah putih dan pahit di akibatkan oleh penyakit kanker lidah dengan efek sulit melakukan berbagai fungsi seperti menelan dan mengunyah, namu kamu tidakperlu khawatir berlebih karena yang terjadi bukanlah kanker ganas melainkan kangker jinak ya. ada juga penyakit oral lichen planus ini umumnya merupakan gangguan pada kekebalan tubuh kamu yang jika dibiarkan terlalu lama akan membuat lidah kamu menjadi garis-garis putih dengan sensasi terbakar hingga nyeri pada rongga mulut. untuk menhindari ini kamu cukup berhenti merokok. nah umumnya lidah yang pahit tidak memerlukanpenanganan yang khusus loh karena lidah pahit memiliki banyak faktor eksternal dan internal sehingga jika kamu mengalami pahit kamu cukup memeprbanyak minum air putih diiringi dengan menyikat lidah kamu, namun jika lidahpahit dikarenakan stres kamu bisa mengistirahatkan tubuh kamu. 


Lidah Putih Pada Anak 2 Tahun
pada anak lidah tidak hanya memiliki warna putih saja melainkan ada beberapa warna pada lidah yang menjadi tanda sesuatu pada anak, lidah putih umumnya di akibatkan oleh jamur atau kandasis dengan bau mulut yang menyengat dan jika dibiarkan akanmenambha infeksi pada anak. ada juga lidah hitam yang disebabkan jamur pappila yang jika anak terlihat hitdam jangan dibiarkan ya bunda, segera bawa di obati, meskipun begitu lidah hitam tidak berbahaya bagi anak ya bunda, sering kali juga anak mengalami lidah merah atau sering disebut sariawan yang dikaibatkan kurangnya vitamin B pada anak. nah yang terkahir lidah pucat juga bisa terjadi di lidah serta kuku, tanda ini menandakan bahwa si anak kekurangan darah atau anemia.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel