iklan responsif

Cara Mengetahui Odometer Asli atau Sudah di Putar




Membeli Mobil bekas tidak lah semudah membeli mobil baru, banyak faktor yang harus kamu ketahui khususnya untuk menyakinkan mobil ini odometernya masih asli atau sudah di putar disini lah langkah-langkah untuk melakukan pengecekan terbaik kamu agar kamu terhindar dari penipuan perubahan odometer yang akan merugikan kamu.

1. Cek Umur Mobil
Ketahui umur mobil kamu saat ini dan kamu bagi dengan berapa tahun mobil ini sudah di pakai selanjutnya tinggal kamu bagi maka kamu akan menhetahui apakah rata-rata per bulannya atau pertahunnya masih dalam kondisi wajar atau tidak. misal mobil keluar tahun 2007 dan saat ini sduah 2019 maka mobil ini sudah 12 tahun maka kamu tinggal membagi jumlah kilometer dengan tahun berjalan, misal mobil ini sudah 105.000km/ 12 tahun maka artinya pertahun mobil ini berjalan 8000 km saja. dari sini kamu bisa curigai ya.

untuk mengetahui mobil cape apa tidak bukan lah pada jumlah kilometer tapi di ketahui dari perawatannya, kilometer tinggi tapi perawatan bagus maka itu bukan mobil cape.

namun sebenarnya jika kilometer di ganti tidak masalah karena odometer hanya berfungsi untuk merecord kondisi mobil sudah harus service atau tidak.


2. Cek Buku Service
Setiap  mobil biasanya memiliki service record, service record ini berfungsi untuk mengetahui umur pemakaian mobil tersebut, namun sayangnya tidak semua mobil memiliki dan menyimpan service record tersebut. kamu bisa cek service recordnya nya lengkap atau tidak dan di bengkel resmi atau tidak, nah umumnya jika orang memutar odometer biasanya akan membuang service record tersebut.

3. Tentukan Ciri Fisik

  • Misal jika kilometer 105.000 KM maka harusnya hal yang terpenting biasanya keausan slowmoving part nya nyaris tidak ada,alias partnya tidak akan bisa diganti, misalnya persneling yang angka 1,2,3,4,5 pada mobil manual hilang karena sudah lama dipakai.
  • Cek tuas rem, maka biasanya jika sudah 100.000 KM harusnya tuas rem sudah tipis dan aus, part ini tidak bisa diganti loh. jadi karena biasanya mobil yang  sudah di atas 100.000 km ini  di anggap mobil cape sehingga pengecekan tuas rem penting sekali.
  • Cek Gas mobil biasanya gas yang sudah aus karena sering di injak maka akan tipis.
  • Cek jahitan stir mobil, mobil yang kilometernya sudah di atas 100.000 biasanya akan terlihat rusak dan mudah brondol. pastikan juga stirnya tidak bisa diputar
  • Cek Kondisi Ban, mobil yang umurnya baru 5 tahun biasanya masih pakai ban mobil di awal beli biasanya karena jarang di pakai, maka dari itu kamu harus memastikan ketika mobil keluar pertama kali dari showroom cek ban mobilnya pakai merek apa. karena disebuah ban ada tahun produksinya dan biasanya ada 4 digit dan 2 digit terakhir adalah digit tahun dan 2 digit di depan adalah menentukan minggun keberapa ban tersebut di produksi di tahun itu. sehingga dari sini kamu bisa mengetahui dari ban ini cocok tidak dengan kondisi mobil yang hendak kamu beli.
4. Cek Kondisi interior mobil
Umumnya jika mobil sudah mencapai 100.000 km maka kulit-kulit jeruk di dasboard akan hilang, kamu juga bisa cek radio mobil kamu jika mobil sudah sering kepegang maka tempat memutar lagu di dasboar depan akan hilang tulisannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel