iklan responsif

Penyebab Mesin Mobil Mati Di Tanjakan atau Macet


Sering banget ketika pemula dan belum mahair mengemudi menemukan jalan yang berkelok-kelok dengan tanjakan yang curam umunya jika menggnakan mobil manual akan mengalami mati mesin mobil, dan ini sangat berbahaya karena mati mesin di tengah jalansaat keadaan macet akan mengakibatkan tabrakan dari arah belakang mobil kita yang tidak siap dengan kejadian macetnya mobil kita. nah mak dari itu kamu perlu mempelajari trik dan cara agar mesin mobil kamu lancar serta tidak macet ya, seperti dibawah ini.

1. Jangan Pernah Melihat Spion
Ketika kita melihat spion dan mobil di belakang kita yang semakin panjang maka akan membuat kamu sebagi pengemudi menjadi panik dan tidak konsentrasi selian itu cobalah untuk tidak usah mendengarkan klakson mobil lain dan  makian dari pengendara di belakang kita yang pasti sudah tidak sabar

2. Netral kan Mobil
Netral kan mobil dengan kaki masih menginjak rem lalu starter ulang mobil mu dan masukan gigi 1 dan jalan. Jangan lupa AC mobil di matikan ya. klo kendaraan sudah normal lalu kamubisa nyalakan AC kembali.

3. Nyalakan Lampu Hazard 
Ketika mobil mati langsung nyalakan lampu Hazara untuk memberi tahu mobil di belakang bahwa kita dalam bahaya atau bermasalah atau sedang traouble sehingga kendaraan di belakang bisa lebih bersabar dan tidak akan membunyikan klaksonnya.

4. Oper Gigi Di Tanjakan Agar Mesin Tidak Mati
Jika kita mengoper gigi saat di tanjakan ke gigi yang lebih rendah dan kita menunggu RPM mulai melemah dan baru di oper gigi umumnya akan terjadi 2 kemungkinan mesin kita klo kuat akan bunyi klik klik klik seperti tersendat-sendat dan itupun klo mobil kita kuat. nah opsinya dari solusi tersebut pengemudi sebelum naik ketanjakan cobalah untuk melakukan ancang-ancang/persiapan sebelum menaiki tanjakan. sehingga ketika merasa mobil sudah kuat kamu bisa langsung oper gigi artinya jangan menunggu pas RPM turun. 

Namun klo pas di tanjakan kamu males mengoper ke gigi satu solusi lainnya adalah kamu bisa memaatikan AC mobil kamu. dengan mematikan AC kamu akan mengurangi Beban mobil tersebut. nah pas sudah kembali di jalan datar kamu bisa hidupkan kembali AC mobil.

Solusi dari ini semua adalah jangan menunggu saat mobil sudah kehilangan tenaga atau RPM rendah tapi pindahkan gigi saat jauh-jauh.

5. Cara Oper Gigi di Tanjakaan L ke kiri
  • Jika kamu menemukan jalan yang menanjak dan berbelok ke kiri atau L maka cara yang kamu lakukan adalah saat mau berbelok pelankan kendaraan mobil kamu lalu pindahkan mobil kamu ke gigi 1 sambil berbelok nah hal ini akan membantu kendaraan mu menjadi lebih baik.
  • cara lainnya adalah saat kamu ketemu jalan berbelok ke kiri dan berbentuk L maka yang dapat kamu lakukan adalah mengoper gigi satu sebelum berbelok karena di khawatir kan pas berbelok atau tanjakan banyak mobil.
  • Cara selanjutnya adalah dengan gigi dua saat kamu ketemu jalan L ke kiri lakukan ancang-ancang dengan menginjak gas mobil lebih tinggi sehingga kecepat mobil kamu besar dan ketika tanjakan kamu tidak akan bermasalah lagi karena mobil sudah memiliki tenaga dari bawah. hal ini bisa di lakukan jika pas berbelok keadaan jalan tidak sedang Ramai.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, dan pastikan kamu menshare serta mengikuti panduan kami dalam mengendarai mobil.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel