iklan responsif

Penyebab Mual Saat Puasa




Sering kali ketika puasa kita mengalami mual dan ingin muntah, baik secara sengaja maupun tidak sengaja. hal ini bisa terjadi salah satunya karena penyesuaian proses pencernaan serta bisa juga karena kekurangan cairan tubuh dan kekurangan gula di tubuh di akibatkan proses adaptasi tubuh ketika puasa. mual pada tubuh ini bisa merembet dan melilit di tubuh serta mengarah ke ulu hati sehingga kadang orang akan beranggapan terkena asam lambung. nah sebenarnya rasa mual itu dapat dihindari oleh kamu ya, yuk ikuti tips berikut dibawah ini.

Penyebab Mual Saat Puasa dan Ciri-cirinya
Beberapa penyebab mual  salah satunya di akibatkan karena Asam lambung yang naik ke ulu hati, hal ini di karenakan salah satunya bisa jadi karena kamu setelah makan sahur kamu tidur kembali sehingga metabolisme di tubuh menjadi terganggu dan berat sehingga keluarlah rasa mual dan ingin muntah.


Ketika kamu kekurangan air minum ketika puasa akan menyebabkan dehidrasi di tubuh sehingga buat tubuh kamu menjadi lemas yang mengakibatkan perasaan mual, oleh karena itu meskipun kamu puasa usahakan untuk selalu minum air putih minimal 2 liter atau 8 gelas setiap harinya guna menghindari dehidrasi.

Selain itu kamu juga harus mengurangi meminum minuman yang mengandung kafein agar kamu tida selalu merasa kehausan, dan asam lambung tidak naik setelah minum kafein. karena kafein pada dasarnya mengandung asam yang kurang baik bagi lambung.

Saat kamu sahur pastikan kamu tidak memakan terlalu banyak makanan sehingga perut kamu berat, makanan yang terlalu banyak akan memperburuk dan memperberat kinerja lambung untuk mengolahnya. karena makan terlalu banyak dan menggangu proses kinerja lambung biasanya saat siang hari akan menyebabkan mual di tubuh.


Makanan yang mengandung gas juga bisa membuat asam lambung kamu naik, adapun makanan yang mengandung gas tersebut adalah durian, nangka, sayur kol, buah kedongdong. sayuran dan buah buahan ini jika dimakan terlalu banyak akan bereaksi pada siang hari sehingga menyebabkan mual mual di siang hari, oleh karena itu kamu perlu mengurangi makan-makanan tersebut ya.

Gejala mual saat puasa juga biasanya karena kamu belum terbiasa bangun di pagi hari sehingga ketika kamu bangun dan menyiapkan makan untuk sahur badan kamu menjadi masuk angin. karena masuk angin ini lah akibatnya pada siang hari akan menjadi mual, ketika kamu masuk angin cobalah untuk mengeroknya ya.

nah ketika kamu masih merasa mual di siang hari kamu bisa melakukan beberapa hal yang akan mengurangi proses terjadinya mual tersebut seperti berikut 

  • Ketika siang hari kamu merasakan mual kamu bisa keluar ruangan agar badan kamu menjadi lebih hangat, mual dapat terjadi biasanya karena lingkungan atau ruangan di tempat kamu terlalu dingin sehingga peut kamu dingin dan mengakibatkan perut menjadi mual.
  • Bisa juga kamu menghangatkan tbuh kamu dengan minyak kayu putih atau bisa juga dengan fresccare di bagian-bagian tubuh yang menurut kamu terasa dingin. ketika tbuh kamu hangat maka rasa mual tersebut akan berangsur-agsur hilang
  • Selain di oles di tubuh kamu juga bisa menggunakan aroma terapi untuk tubuh kamu guna menghindari perasaan mual di tubuh.
Saran kami ketika kamu makan sahur kunyah lah secara perlahan lahan ya, dan usahakan ketika kamu akan minum pastikan dengan air putih hangat, bisa juga dengan air hangat jahe sehingga rasa mual di perut dapat dihindari.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel