iklan responsif

Sakit Gerd Dan Gejala Asam Lambung Naik


Sering kali orang merasakan dirinya seperti masuk angin dan ingin muntah, sering kali juga ulu hati terasa sakit dengan disertai dada yang terbakar yang dikarenakan asam lambung yang naik menuju kerongkongan. penyakit asam lambung memang biasanya penyakit yang dia nggap umum dan banyak diderita oleh orang orang. penyakit asam lambung juga sering kali disebut dengan GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease terjadi dikarenakan kurang berfungsinya otot-otot di kerongkongan, nah lingkaran otot ini merupakan pintu gerbang di tenggorokan tempat masuk dan keluarnya makanan, sehingga ketika kamu makan lingkaran otot ini akan membuka dan menutup secara otomatis sehingga makanan yang sudah masuk ke dalam perut tidak bisa naik lagi ke atas sehingga tidak terjadi mual dan muntah. namum ketika lingkaran otot  sedang tidak berfungsi maka proses membuka dan menutupnya ini terganggu apalagi jika sampai kamu kesulitan menelan makanan maka memerlukan perawatan yang ekstra. penyebab makanan asal lambung ini naik juga umumnya diakibatkan oleh makanan berlemak, sedang hamil, dikarenakan berat badan yang berlebih, juga faktor keturunan loh. 


sering kali kita beranggapan asam lambung tinggi saja yang berbahaya, namun faktanya asam lambung yang rendah juga sanga berbahaya buat kesehatan kamu dan biasanya disebut dengan hipokliridia, nah untuk mengetahui gejala yang diakibatkan oleh asam lambung yang rendah adalah seperti : 

  • Badan sering terasa lemas dan lemah
  • Sering Kentut atau uang angin
  • Terasa mual dan muntah serta diiringi diare
  • Perut Kembung dan Sering Bersendawa
Bahaya asal lambung yang rendah ini juga dalam jangka panjang akan mengakibatkan kekurangan gizi di tubuh yang dikarenakan tidak terserapnya dengan sempurna banyak vitamin dan nutrisi di tubuh, namun jika asam lambung kamu tinggi juga lebih berbahay lagi.


Ciri Asam Lambung Naik dan Tinggi
Ketika asam lamung naik dan tinggi maka ditubuh pun akan terasa yang kurang enak seperti nyeri di dada kadang terasa terbakar dan biasanya orang bingung membedakan serangan jantung dengan asam lambung naik ini, oleh karena itu kamu bisa membedakan sakit naiknya asam lambung dengan serangan jantung seperti berikut

  • Sakit naiknya asam lambung tidak disertai dengan keringat dingin di tubuh sedangkan serangan jantung di iringi keringat dingin
  • Jika kamu merasakan dada seperti terbkar kamu bisa mengkonsumsi obat-obatan seperti Antasida atau disebut juga Alumunium hidroksida ini berfungsi untuk menetralisir asam lambung tinggi. namun berbeda dengan serangan jantung, jika kamu telah meminum Antasida maka kamu akan tetap merasakan saki terbakar di dada.
  • Biasanya orang yang menderita serangan jantung akan merasakan sakit yang menjalar khusunya di sebelah kiri serta leher dan perut. sedangkan penderita asam lambung sakit yang diderita tidak akan menyebar.
Kondisi lain adalah mulut yang terasa pahit yang diakrenakan melemahnya otot tenggorokan saat asam lambung naik disertai pula suara serak. Penderita asam lambung naik juga di iringi dengan banyaknya air liur dan dibarengi dengan kesulitan menelan makanan.



Asam Lambung Naik Ke Dada Saat Puasa
Umumnya asamlambung juga dapat naik ketika kamu berpuasa loh, sehingga ketika asam lambung naik maka dapat mengganggu semua aktivitas kamu khususnya dalam menjalankan ibdah puasa, maka dari itu kamu dapat mengatasi asam lambung naik ketik berpuasa dengan cara sebagi berikut seperti saat sahur kamu bisa makan makanan sayuran seperti brokoli, kangkung, lalapan yang tidak memiliki kandungan asam berlebih. adapun saat berbuka puasa kamu penderita asam lambung bis amenghindari makanan yang di goreng serta buah buahan yang memiliki asam tinggi seperti jeruk dan mangga.namun kamu bisa memakan buah kurma, buah pir, buah anggur. selain itu minuman yang disarankan untuk berbuka yang terbaik adalah dengan air jahe dan air madu hangat ya.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah 5 susun

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel