iklan responsif

Tips Supaya Kuat Mengemudi Mobil Jarak Jauh


Dalam berkendara khusunya bagi yang akan mudik atau akhir pekan tentu mengendarai perjalanan yang jauh sangat memerlukan konsentrasi yang tinggi. oleh karena kamu wajib mengetahui ciri ciri dan apa saja yang perlu kamu lakukan ketika akan melakukan perjalanan yang jauh yang aman dan nyaman. nah simak yuk apas aja solusi dan problem serta persiapan yang harus kamu lakukan ketika perjalanan jauh.

1. Prepare Di Hari Sebelumnya 
Usahakan semua kebutuhan baik rute, pengecekan mobil, uang saku, kebutuhan barang yang akan dibawa harus kamu siapkan. dan pastikan kamu tidak stress atau ada masalah ketika akan mengendarai jarak jauh agar perjalanan kamu menyenangkan.

2. Berdoa Saat Akan Berangkat
Pastikan sebelum berangkat kamu berdoa dulu, dengan kamu berdoa maka perjalanan kamu akan terasa mudah dan lancar, meskipun nantinya akan tetap menemui masalah namun hati kamu akan terasa lapang dan ringan menjalani nya.

3. Cek Kendaraan
Kondisi Air radiotor di cek agar jangan sampai berkurang baik di resrvoir maupun di radioatornya. cek juga oli rem, oli matic, oli wiper dan tekanan ban. tekanan ban sangat penting karena akan mempengaruhi perjalan kamu di jalan dan perporma dari berkendara loh. 

4. Mengemudi Cepat atau Mengemudi Ngebut
Pasti kamu bingung dong apa sih perbedaan cepat dan ngebut, nah mengemudi cepat ini adalah mengemudi cepat dn hanya sedikit overtaking atau berjalan zigzag, mengemudi seperti ini hanya akan menyalip mobil di depannnya ketika mobil di depan terasa berjalan lebih lambat dari kamu dan ketika jalanan sepi akan tetap pada kecepatan yang sama atau tidak berkurang. sedangkan mengemudi ngebut umumnya cara mengemudi dengan keceoat tinggi dan zig zag menerabas semua mobil di depannya, namu anehnya ketika tidak ada lagi mobil didepan biasanya jenis pengemudi ini tidak akan mengendara dengan kecapat yang sama alias kecepatannya kaan berkurang.

5. Istirahat lah setiap 3 jam sekali
Himbauan ini sering kita jumpai di jalanan dan biasanya di sosialisasikan oleh polisi dalam mengemudi yang baik. mengemudi yang baik dan benar adalah dengan beristiraha setiap 3 jam sekali minimal selama 3 menit. cara istirahat ini biasanya dilakukan jika kamu hendak menempuh perjalanan selam 5 jam ke atas. namun jika kamu hanya mengednari mobil selama 4 jam tidak masalah jika kamu tidak beristirahat dan masih kuat.namu alangkah lebih bagusnya lagi klo kamu dapat beristirahat. dan usahakan kamu ber istirahat di tempat aman dan nyaman seperti SPBU dan rest Area.

6. Jaga Jarak Aman
dalam berkendara pastikan kamu selaku mengusahakan jarak aman, berapa sih jarak aman idal?jarak aman ideal tergantung dari berapa kecapatan yang sedang kamu jalankan. minimal jika kecapat tingg jarak amannya adalah jika 30 kpj maka jarak minimalnya adalah 15 meter dan jarak amannya adalah 30 meter. sedangkan jika kamu mengendara dengan kecapat 60 Kpj maka jarak minimalnya 40 meter dan jarak amannya 60 meter.

7. Setting Tempat Duduk  Nyaman
Pastikan kamu sebagai pengendara merasa nyaman saat berkendara dan juga persiapkan sebagal hal yang kamu butuhkan seperti air minum, Kartu Tol serta uang receh dapat dan mudah kamu jangkau. mengendarai yang nyaman juga usahan headrest kamu nyaman dan menyanggah leher kamu ya

8. Mendeteksi Cape atau Ngantuk
Ketika kamu terasa lelah dan cape ketika berkendara kami sarankan untuk menepei dan istirahat untuk tidur. dan perlu juga kamu ketahui kelelahan atau cape terdiri dari 2 hal yaitu cape otak dan cape fisik. cape otak seperti ketika mata melek tapi pikiran kita kosong dan replek juga berkurang sebaiknya kamu menepi dan bergerak serta melakukan aktivitas di luar mobil kamu guna melakukan streching.sedangkan untuk cape fisik ditandai dengan tubuh lemas dan mata mengantuk nah solusi dari itu solusinya adalah tidur sepuasnya di tempat aman dan nyaman. dan juga tidak disarankan meminum minuman berenergi ya.





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel