iklan responsif

ini Fungsi Tugas dan Cara Menjadi Co Driver



Menjadi co driver bisa siapa saja yang ada di samping driver, tentu sebgai co driver harus tau fungsi, tugas dan caranya agar perjalanan menjadi lebih aman dan menyenangkan. dalam perjalanan jauh seorang co driver harus mampu memahi dan mengecek kendaraan yang hendak digunakan serta mempersiapkan segala sesuatu terkait kebutuhan sang driver dan selama perjalanan. seorang driver yang baik harus mampu mempersiapakn segalanya dan kebutuhan serta memetakan jalan-jalan yang akan di lalui sekaligus permasalahan selama perjalanan seperti lokasi-lokasi jalanan berlubang dan lokasi lokasi jalanan macet serta daerah yang rawan jika dilalui malam hari.


1. Sebagai Mata Driver
Membantu saat menyebarang jalan untuk memberi tambahan informasi dari kanan dan kiri agar driver yakin ketika akan menyebrang jalan serta memberikan masukan akan blindspot di sebelah kiri jalan sehingga co driver dapat memberi informasi dari sisi kiri.

2. Mengecek Kondisi Driver
Mengajak pengemudi ngobrol agar dalam perjalanan jauh agar driver tidak mengantuk, co driver juga membantu memantau perkembangan driver apa masih bisa tetap jalan atau butuh istirahat sebentar.

3. Co Driver Mengecek Panel
Membantu driver untuk melihat panel-panel kendaraan seperti bensin dan panel indikator di dasboard mobil. sehinga kita tau kondisi mobil kita ketika akan bermasalah.

4. Co Driver Paham Medan
Sebagi seorang co driver sebelum bepergian harus mengecek dan melihat peta jalan yang akan di tempuh, ha ini berguna untuk mengetahui kendala seperti kemacetan dan hal lainnya terkait di jalan sehingga co driver mampu mengarahkan driver untuk mengambil jalan alternatif.

5. Co Driver Memahami dan Mengecek Mobil
Seorang Co driver sebelum bepergian harus mampu melihat dan mengecek kondisi kendaraan mobil seperti tekanan angin pada ban yang di sesuaikan dengan berat barang yang dibawa. selai nitu juga mengecek dan memastikan kondisi bensi full dan aman selama perjalanan serta mengecek tempat-tempat yang bisa digunakan untuk mengisi bensin dan beristirahat. Co driver juga harus menyediakan kebutuhan driver seperti minuman dan obat-obatan selama di perjalanan. 

6. Co Driver Memiliki Kemampuan Menyetir
Dalam sebuah perjalanan jauh kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi, seorang co driver yang mampu menyetir mobil lebih baik dibandingkan yang tidak mampu menyetir, hal ini akan berguna jika dalam perjalanan harus bergantian dalam menyetir sehingga driver tidak kelelahan dan perjalanan dapat sampai tepat waktu.

7. Co Driver Lebih Baik Mampu Memperbaiki Kendaraan
Memang tidak semua co driver memiliki juga kemampuan untuk memperbaiki mobil, namun ketika kamu hendak menjadi do driver pahamilah fungsi-fungsi dan cara memperbaiki mobil, minimal kamu mempersiapkan dan mampu mengganti ban kendaraan. klo pun kamu tidak mampu mengganti dan memperbaiki ban kendaraan pastikan di setiap kota yang akan kamu lewati kamu sudah mengecek titik-titik point bengkel kendaraan yang dapat kamu gunakan jika terjadi sesuatu di jalan.

demikian artikel berikut ini semoga bermanfaat dalan perjalanan kamu ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel