iklan responsif

Tempat Wisata Di jawa Tengah Yang Terkenal dan Terbaru


Rahasiamama.com - Setiap ber akhir pekan atau libur panjang tentu kamu ingin rehat sejenak dari lelah fisik dan pikiran yang sudah menjadi rutinitas. pergi liburan 2 atau 3 hari tentu menjadi impian dan keinginan untuk merileksasikan pikiran yang lelah tersebut. nah saat ini mimin ingin kasih tau kamu nih lokasi-lokasi wisata di jawa tengah yang bisa kamu kunjungi dan menyenangkan untuk melepas penat kamu, yuk simak dibawah ini apa saja lokasinya.



1.Dataran Tinggi Dieng

                     (sumber : otiket.info)

Siapa sih yang tidak tau dataran tinggi Dieng? gunung yang merupakan vulkanik aktiv ini sering sekali dikunjungi wisatawan untuk melihat sunset. dataran ini juga menjadi tulang punggung pertanian bagi daerah sekitarnya dan penduduk setempat karena tanahnya yang sangat subur di tanami apapun. meskipun saat ini suhu di dieng mencapai minus 9 derajat namun di hari umumnya di siang hari mencapai 12 sampai 20 derajat celsius. untuk menuju dataran tinggi dieng kamu bisa menuju ke wonosobo dan berhenti di terminal mendolo lalu melanjutkan lagi dengan bus kecil untuk menuju ke dieng. selian ke wonosobo kamu juga bisa menuju ke dieng lewat jalur semarang, magelang ataupun jogjakarta. nah uniknya di dieng sendiri memiliki 12 lokasi wisata yang dapat kamu kunjungi dengan mudah seperti telaga warna, bukit sikunir, telaga mardada, telaga pengilon, kawah sikidang, pendakian gunung prau, sumur jalatunda, telaga cebong dieng, batu ratapan angin, gardu pandang dieng, dieng plateau dieang, dan candi arjuna.

nah dari ke 12 wisata di atas yang berada di dieng yang mana sih yang jadi tempat paforit kamu? tentu saja untuk menuju ke dataran tinggi dieng yang sudah menjadi wisata terbaik di jawa tengah memerlukan biaya yang tidak sedikit, kira kira per orangnya akan menghabiskan biaya Rp. 600.000,- rupiah ya.

2. Umbul Ponggok

              (sumber : goodnewsfromindonesia.id)

Sebagi salah satu wisata populer di jawa tengah dengan khususnya di daerah klaten,  merupakan obyek wisata yang merupakan berasal dari 4 mata air pegunungan yang di tampung dalam kolam 70 meter x 40 meter, mata air tersebut yaitu sigedang, kapilaler, besuki dan ponggok. selain itu mata air yang mengalir juga sangat jernih sehingga menghasilkan kolam wisata yang populer khususnya untuk di jadikan selfie. sering pula umbul ponggok ini dijadikan tempat foto pre-wedding dan snorkling. karena potensi alami yang dimiliki oleh kolam umbul ponggok ini juga yang memiliki kedalaman 2 meter memiliki alas kolam dari pasir dan di isi oleh beraneka ragam ikan hias yang mengisi umbul ponggok. untuk dapat memasuki dan berenang sambil snorkling setiap pengnjung dikenakan biaya yang tidak mahal loh, hanya Rp. 5000,- rupiah per orang. namun jika kamu akan berselfie atau bersnokling, berpfoto ria atau pun membuat video kamu gak perlu repot-repot untuk membawanya karena di umbul ponggok ini juga menyediakan penyewaan peralatan untuk hal tersebut.

selain dapat menyewa perlatan yang ada kamu juga bisa menyewa properti yang tersedia untuk disewakan seperti kendaraan bermotor, sepeda, televisi, piring, meja makan dan lain halnya. selain itu ada properti terbaru untuk kamu yang tidak bisa berenang dengan menyewa power dave walker yang sudah termasuk foto dan video saja kamu hanya perlu mengeluarkan Rp. 200.000,- saja.

3. Taman Nasional Karimu Jawa

                         (sumber : travelingyuk.com)

Taman nasional yang sangat populer di jepara ini sangat di minati pecinta snorkling. dengan luasan 4.302 Ha dengan pulau dan kekayaan alam lautnya yang istimewa menjadikan karimun jawa menjadi tempat yang selalu menjadi pilihan liburan utama untuk menghilangkan penat dan rasalelahmu sehabis bekerja. selain itu setiap tahunnya selalu di adkan 2 festival yang selalu di tunggu dan dinanti kehadirannya yaitu festival barikan yang didakan jumat wage. festival ini merupakan tradisi turun temuran yang dilestastikan sebagai salah satu wujud syukur. selain itu ada juga festival karimunjawa sail yang di adakan secara internasional dan di hadiri puluhan bahkan ratusan kapal yacht dari seluruh penjuru dunia, acara ini di adakan di awal oktober setiap tahunnya ya. 

selain kamu bisa bersnokling ria kamu juga akan disugi 25 obyek wisata yang bisa kamu datangi dan sedang hits loh, seperti bukit annora, pilau menjangan besar, bukit cinta, dan bukit jowo tuwo.adapun jika kamu ingin ke karimun jawa trasnportasi yang tersedia adalah dengan ke pelabuhan kartini, dari pelabuhan ini kamu bisa menaiki kapal menuju karimu jawa. kapal yang tersedia ada 2 jenis kapal ya yaitu ada dari ASDP dan kapal cepat, untuk biaya pun tergolong murah untuk perjalan selama 2 jam kamu hanya membayar 75.000 sampai dengan 150.000 rupiah saja.

4. Gunung Merbabu

                            (sumber : travelingyuk.com)

Gunung yang sangat terkenal dan ditakuti oleh para pendaki ini ternyata merupakan obyek wisata yang menyangkan loh. dikarenakan keindahan alamnya yang sangat mempesona. selain itu ada tiga puncak di gunung merbabu yang dapat kamu kunjungi seperti puncak syarif, puncak kentengsongo, dan puncak trianggulasi.selain keindahakn alamnya gunung merbabu juga sangat dekat dengan gunung merapi sehingga kamu bisa sekalian mengunjung gunung merbabu dan gnung merapi secara bersamaan. 

namun di balik keindahan dari gunung merbabu juga teersimpan sesuatu yang sangat ditakuti oleh para pendaki seperti keberadaan hantu wanita, keberadaan harimau puih jadi-jadian, serta adanya genderuwo yang selalu mengganggu keberadaan para pendaki. nah jika kamu hendak ke gunung merbabu ini jangan lupa untuk selalu mematuhi aturan-aturan yang sudah di tulis sehingga kamu tidak akan tersesat dan terjadi masalah saat menuju pusat pendakian.


5. Candi Prambanan

                             (sumber :finansialku.com)

Kamu pernah mendengar kisah Roro jongrang yang legendaris itu?nah kisah adakaitannya loh dengan candi prambanan ini. dan penemuan candi di ditemukan di tahun 1973. dan menjadi candi hindu terbesar dan ter banyak pada abad ke 9 masehi. selain itu yang perlu kamu ketahui candi ini juga merupakan candi Trimurti loh, artinya candi yang di persembahkan untuk 3 dewa. jika kamu hendak ke candi prambanan kamu bisa ke kecamatan prambanan desa Tlogo klaten jawa tengah.

dalam kisah roro jongrang candi ini dibuat dengan 1000 candi namun tidak berhasil sehingga hanya ada 999 candi saja, hal ini dikarenakan warga sekitar dan penemunya tidak mengetahui dengan jelas sejarah dari candi prambanan tersebut sehingga munculah kisah roro jongrang. di lokasi prambanan sendiri terdapat 3 jenis candi luar, candi tengah dan candi dalam. namun saat ini hanya terdapat 18 candi utama dengan 8 candi kecil ya. 

6. Candi Borobudur


Dikenal sebagai candi budha yang dibangun di tahun 800 masehi dan memiliki bentuk stupa, candi borobudur juga sudah di tetapkan oleh UNESCO sebagai world Heritage. sejak di tamukannya candi borobudur di tahun 1814 oleh Sir Thomas nama Borobudur mencuat dan di tulis olehnya, hal ini dikarenakan awal kata 'boro" yang merupakan nama dari desa candi borobudur berada dan dari kata "budur' yang memang memiliki pengertian atau arti dari kata purba sehingga kata borobudur memiliki arti Desa purba.

Buat kamu yang hendak mengunjungi candi borobudur mimin sarankan sih menyewa guide agar kamu bisa lebih mengerti dari sejarah keberadaan candi borobudur. untuk tiket masuknya sendiri terdiri umum dengan harga Rp. 32.500,- dan pelajar Rp. 13.500,- sedangkan untuk tiket wisatawan mancanegra untuk umum Rp. 192.000 dan wisatawan asing pelajar Rp.74000,-. candi borobudur pun sempat loh masuk kedalam 7 keajaiban dunia. 

7. Kawasan Wisata Batu Raden
Siap sih warga purwokerto yang tidak kenal obyek wisata yang satu ini, wisata yang sudah menjadi primadona apalagi asal muasal dari wisata batu raden ini adalah berasal dari kisah cinta antara majikan dan pembantu loh ternyata batu raden sendiri berasal dari dua suku kata yaitu "batur" atau artinya "pembantu" dan dari kata "raden" yang memiliki arti majikan. nah dikarenakan hubungan asmara yang dhsyat ini dan dinilai melenggar etika sehingga di usir lah mereka berdua, lalu mereka memutuskan untuk mencari tempat dan ketemu lah di daerah siwata dan merekapun hidup bahagia sampai akhir hayat sehingga jadilah namanya batu raden. dan jika kamu hendak ke batu raden antara hari biasa ataupun hati libur akan selalu ramai loh karena obyek wisata ini terbilang cukup murah meriah dengan tiket masuknya per orang hanya Rp. 10.000,-

Selaindikarenakan keindahan alam pegunungan dan udaranya yang cukup sejuk kamu juga bis amenikmati berbagai wisata lainnya seperti terapi ikan yang akan memakan kulit kaki kamu yang sudah mati. dan ada juga jembatan gantung. nah untuk anak-anak bisa juga berenang di aliran usngai ya, karena aliran sungai di batu raden ini tidak deras sehingga sangat aman. gimana?seru kan.


8. Kota Lama Semarang
Buat kamu yang suka nuansa kuno dan suka berselfie ria kamu dapat mengunjungi kota tua semarang, apalagi jika kamu hendak berfoto bisa di sore hari ya. nah sering kali disebut sebagai belanda kecilnya indonesia sering kali disebut miniatur kecil belanda.

sering kali pula tempat ini dijadikan pre-wedding dan acara syuting film loh. sensasi berfoto disini juga akan menghasilkan perpaduan foto yang vintage. untuk mengjungi kota lama semarang kamu tidak dikenakan biaya ya karena lokasi nya terletak di pinggi jalan umum 


Nah gmna obyek wisata di atas?bagus kan selain itu juga murah dan pas untuk kantong kamu. dan jangan lupa jika kamu hendak bertamasya pastikan jadwal dan hal lainnya agar perjalanan mu lebih menyenangkan ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel