iklan responsif

8 Macam Bahasa Pemograman Komputer di Indonesia


Saat ini perkembangan dunia Pemrograman Komputer semakin lama semakin berkembang dan memiliki banyak pilihan untuk digunakan dalam membuat pemrograman selain itu memang tujuan dari pemrograman sendiri adalah membuat suatu program yang sesuai dengan keinginan si pembuatnya, sehingga untuk membuat bahasa pemrograman diperlukan keahlian alogaritma , logika serta bahasa pemrograman yang mumpuni. orang yang membuat suau program ini sering pula disebut sebagai programer dan kamu bisa kuliah di jurusan teknik informatika loh.

Sebelum kita lebih jauh kagi kamu harus tau loh apa itu bahasa pemrograman, nah secara definisi bahasa pemograman sendiri adalah suatu sistem untuk berkomunikasi dengan menggunakan huruf dan baris kata serta simbol yang ada. sehingga antara komputer dengan manusia bisa sejalan dalam melakukan tugasnya masing-masing. 

Sejarah Alogaritma sendiri berawal dari ilmuan persia yang berasal dari abad 825 Masehi yang bermula dari buku nya Al-jabar Al walmuqabala. dalam kitab ini dijabarkan urutan logis secara sistematis dan terstruktur yang akan menghasilkan dan memecahkan persoalan sehingga setiap orang yang membuat alogaritma akan berbeda antara orang satu dengan orang lainnya. sehingga fungsi alogaritma dalam menyelasaikan masalah secara numeris. sehingga pemilihan alogaritma ada out put, efektivitas serta effisiensi, selain itu jumlah angka nya tak berhingga, berakhir dan terstruktur.

Saat ini memang banyak sekali bahasa pemrograman yang tidak terbatas namun hanya beberapa saja yang menjadi andalah dalam membuat berbagai pemrograman tertentu dan ramai di ajarkan di kampus kampus sehingga menjadi andalan setiap programer dalam membangun sebuah sistem yang dibutuhakan. nah ini lah 10 bahasa pemograman  yang paling populer di tanah air.

Bahasa Pemograman Python
Bahasa pemograman yang satu ini sangat populer di tahun 2019 dan diciptakan oleh Guiddo Van Rossum di Belanda pada tahun 1990. bahasa pemograman ini adalah bahasa yang bersipat open saource dan sampai saat ini pemograman python sendiri sudah masuk dalam Phyton 3.6  yang di update di 23 desember tahun 2016. oh iya nama phyton sendiri berawal dari kesukaan Guiddo kepada group komedi inggirs yang memiliki nama Monty Phyton sehingga inspirasi nama ini dijadikan sebagai bahasa pemograman. selain itu bahasa pemograman ini merupakan bahasa populer nomer 3 di dunia. berikut ini adalah kelebihan phyton :
  1. Phyton merupakan bahasa multifungsi
  2. Phyton kaya akan dukungan library dikarenakn sifatnya yang open source
  3. Phyton mmampu berkoordinasi dengan bahasa pemograman lain sehingga phyton bisa memanggil bahaasa pemograman C dan C++ begitu juga sebaliknya, sehingga hal ini menjadi bahasa pemograman yang fleksibel
Selain banyak kelebihan dari phyton, ada juga kekurangan nya sehingga ketika program ini dijalankan akan menjadi lebih lambat jika dibandingkan program komputer lain. namun selain dikenal lambat dalam prosesnya kamu perlu ketahui loh jika Google sendiri menggunakan pemograman phyton dalam metode pencariannya, begitu juga dengan youtbe serta facebook, pinterst, instagram serta juga digunakan oleh NASA dalam pengolahan bidang sainnya.

Bahasa Pemograman C#
Dikenalkan pada tahun 2000 oleh microsoft, bahasa pemograman ini berasal dari awal pembuatan pemograman visual J++ . bahasa pemograman ini merupakan bahasa pemograman yang bisa membuat apa saja speerti website dan dapat dijalankan dalam berbagai platform sperti ios dan android sehingga sangat pleksibel dan digemari para programer.

Bahasa Pemograman Java
Java memiliki arti jawa yang dibuat oleh James Gosling di tahun 1994, pemograman ini sangat populer digunakan karena kemudahan nya dalam menjalankan pemograman yang dapat juga di jalankan dalam berbagai platform seperti linux, ios dan android. James sendiri awalnya akan memberi nama oak pada penemuannya namum dikarenakan saat itu nama oak sudah terdaftar maka james mengganti dan memilih nama Java karena kesukaannya dalam kopi tubruk yang berasal dari jawa.

Bahasa Pemograman PHP
Rasmus Ledrof  yang dilahirkan pada tahun 22 November 1968 merupakan penemu dan pembuat pemograman PHP di tahun 1995 yang awal berupa skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir web. PHP terbartu saat ini adalah PHP 7 yang di update pada 17 desember tahun 2015. dikarenakan kemudahan nya ketika dipelajari serta merupakan bahasa pemograman yang kuat, jika kamu menggunakan Facebook dan twitter maka kamu sedangkan menggunakan aplikasi yang berbasis pemograman PHP.

Bahasa Pemograman Kotlin 
kamu pasti agak asing dengan nama yang satu ini dong, nama kotlin sendiri diambil dari sebuah nama pulau di rusia. kotlin sendiri merupakan bahasa resmi dari pemograman Andorid yang saat ini populer di smartphone. dalam platform androis sendiri selain kotlin ada bahsa pemograman seperti C++ dan java. jika kamu kesulitan dalam membuat program java untuk android mu maka kamu bisa mencoba menggunakan bahasa pemograman kotlin yang satu ini untuk andorid mu, karena bahasa yang di gunakan lebih mudah dan simple dibandingkan dengan C++ dan Java. pengembang dari Kotlin sendiri adalah dari Jetbrains yang memiliki kantor di rusia.

Bahasa Pemograman Swift
Kamu pengguna Iphone? selamat saat ini berarti kamu sedang menggunakan aplikasi berbasis swift, begitu pula jika kamu hendak membuat aplikasi untuk di pasang di ios kamu wajib mempelajari swift yang satu ini. di buat dan diluncurkan di tahun 2014 dan jika dibandingkan dengan pemograman phyton, pemograman swift ini lebih ungul secara alogaritma dalam pencarian. adapun aplikasi yang dibuat oleh swift ini adalah strava, yahoo weather, serta hipmunk

Bahasa Pemogrman Java Script
diciptakan oleh Brendan Eich di tahun 1995 yang saat ini sudah menjelma dan menjadi salat satu pemograman yang umum dan dikenal serta di ajarkan di univeritas di indonesia. trus apas ih beda dari java dan java script ini?baik java maupun java scripty sebenarnya tidak ada hubungannya namun diberi nama java agar lebih mudah diterima oleh masyarakat sehingga memudahkan dalam  pengenalannya. jika kamu pernah memnggunakan firefox, google crhrome dan opera berarti kamu sedang menggunakan aplikasi berbasis Java script.

Pemograman Visual Basic
Salah satu bahasa pemograman yang umum di temukan di kampus indonesia ini merupakan pemograman tingkat tinggi sehingga akan berjalan ketika ada respon dari pemakai berupa event atau kejadian dalam tertentu ya. pemograman ini sendiri dikembangkan oleh microsogt di tahun 1991 dan terus dipakai sampai saat ini, saking populernya bahasa pemograman ini maka tidak akan lengkap jika orang belajar infromatika tanpa mempelajari visual basic. 


dari 8 bahasa pemograman ini sebenarnya banyak sekali bahasa pemograman yang dapat kamu ketahui dan pelajari, untuk pemograman yang dipajari di kampus kampus dan ramai digunakan di media sosial adalah 8 pemograman ini. selain itu jika kamu memiliki kemampuan untuk membuat bahsa sendiri bahasa pemograman bisa juga kok. oh iya semoga artikel ini bermanfaat ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel