iklan responsif

Materi Perbankan Syariah lengkap dan mudah di pahami



Perbankan syariah yang saat ini mulai ramai di lirik dan berkembang di indonesia awal mulanya adalah hasil dari perkembangan dan proses yang panjang dilakukan oleh MUI sehingga akhirnya pada tanggal 1 November 1991 hadirlak bank syariah pertama yang di inisiasi oleh MUI lalu diberi nama dengan Bank Muamalat Indonesia. memang pada awal berdirinya proses bank muamalat ini tidak mendapatkan perhatian yang tinggi dari masyarakat, namun seiring waktu banyak perkembangan bank syariah menjadi semakin banyak seperti banyaknya bank konvensional yang juga membuka bank syariah seperti bank mandiri syariah, bca syariah dan ban lainnya.

Pengertian bank syariah dan bank konvensional adalah, bank syariah lebih ke menjalankan keuangan bank dengan prinsip hukum islam, dimana masalah keuangan ini di atur dalam fatwa majelis ulama indonesia dengan prinsip keadilan, kemasalhatan serta keseimbangan yang bersifat universal dan tidak mengandung riba gharar serta mayshir sedangkan bank konvensional adalah merupakan lembaga keuangan yang memberikan jasa lalu lintas keuangan dalam lalu lintas pembayaran baik secara konvensional maupun secara elektronik sehingga bank yang ada memiliki fungsi untuk menghimpun uang dari masyarakat lalu menyalurkan nya kembali kepada rakyat dengan bermacam macam keperluan. 

Selain dari pengertian dan fungsi dari apa itu perbankan kamu juga wajib tau undang- undang apa saja yang mengatur tentang perbankan di indonesia seperti Undang-undang 21 tahun 2008 yang mengatur tentang perbankan syariah, selain itu ada juga undang undang nomer 23 tahun 1999 yang mengatur tentang kebijakan moneter berdasarkan prinsip syariah,  ada juga UU no 72 tahun 1992 yang mengatur tentang perbankan syariah menggunakan dual banking system dan yang ter akhir adalah UU nom 10 tahun 1998 yang merupakan UU penyempurnaan tahun sebelumnya.

Selain itu yang perlu kamu ketahui pula adalah Perbankan syariah dibagi menjadi dua jenis yaitu perbankan umum dan bank pembiayaan rakyat syariah atau disingkat BPRS. buat kamu yang bingung apa beda dari Bank syariah umum dan BPRS adalah untuk BPRS tidak di perkanan untuk membuka simpanan berbentuk GIRO dan melakukan transaski lalu lintas sistem pembayaran. selain itu untuk bank umum syariah akan dibagi menjadi 2 kategori yaitu bank syariah penuh dan bank syariah dalam bentuk unit usaha dari bank umum seperti adanya bank mandiri syariah dan bank bca syariah.

dan sama seperti bank konvensional lainnya bank syariah juga memiliki fungsi untuk menghimpun uang dari masyarakat dan menyalurkannya kembali ke masyarakat.

Selain dari hal di atas yang wajib kamu ketahui adalah perbankan syariah memang melarang unsur-unsur transaksi seperti perniagaan barang-barang yang diharamkan oleh syariat islam, adanya perjudian atau spekultif seperti saham sehingga mengakibatkan terjadinya kerugian, ketidakjelasan suatu perkara atau gharar serta adanya bunga bank dari hasil meminjam atau menyimpan uang di bank sehingga mengakibatkan Riba, karena allah sendiri mengharamkan riba.

dan sampai sini kamu juga wajib mengetahui bahwa sistem di perbankan syariah indonesia adadalah seperti melakukan hanya investasi yang halal menurut hukum islam, selain itu perbankan syariah memakai prinsip bagi hasil, jual-belin dan sewa, selain itu berhubungan dengan nasabah dengan bentuk kemitraan, dan yang paling utama adalah penghimpunan dan penyaluran danannya sesuai dengan fatwa dewan syariah.

 Produk Utama Perbankan Syariah sendiri terbagi menjadi 4 jenis seperti Jasa yang terbagi menjadi jasa al-qardh, jasa ar-rahn, jasa al-hawalah, jasa al-kafalah, dan jasa al-wakalah. selain di jasa ada juga produk jual beli seperti al-ijarah, bai al-istishna, bai as-salam dan bai al murabahah. selain itu ada juga produk bagi hasil yang bernama al-musaqah, al muzaraah, al-mudharabah dan al-musyarakah. dari kesemuanya ini adala produk utama dari sitem perbankan sendiri seperti produk titipan atau simpanan yang bernama al wadiah atau sering disebut jasa titipan dan yang terakhir adalah deposito mudharabah.

sistem pinjaman bank syariah sendiri memang mengharamkan bunga di karenakan riba sehingga kamu akan tenang ketika menabung di bank syariah ini, karena setiap proses transaski bank syariah selalu transparan dan dapat diketahui publik sehingga berbagai barang pengganti yang dapat dijual beli dalam sistem pinjaman bank syariah seperti jasa jual beli satu mata uang dengan mata uang lainnya, jasa jual beli barang yang di tukar dengan uang serta transaksi barang di tukar dengan barang.

Baagaimana menurut mu sisten perbankan syariah ini?pusing kan?janga dong yuk simak artikel lainnya yang dapat kamu lihat disini.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel