iklan responsif

Tips agar Kendaraan Roda 4 Kamu tidak Terkena Tilang




Rahasiamama.com-Sering kali ketik berkendara kita sering kali di tengah jalan di stop oleh polisi dan kamu sudah memiliki SIM, STNK dan tidak melanggar dan kamu merasa dicari-cari kesalahan oleh polisi, nah perlu kamu ketahui di pasal 278 Undang-undang lalu lintas angkutan jalan bunyi begini ya, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor roda 4 atau lebih di jalan yang tidak dilengkapi perlengkapan berupa ban cadangan, segitiga pengaman, dongkrak. Pembuka roda dan peralatan pertolongan pertama untuk kecelakaan akan di pidana dengan pidana paling lama 1 bulan dan denda paling banyak Rp. 250.000 rupiah.



Nah maka dari itu peralatan yang di anggap sepele ini sebenarnya harus ada dan lengkap ya, agar ketika kamu di razia di jalan maka kamu akan aman selama perlengkapan kamu lengkap sehingga ketika kamu bepergian lengkapilah perlatan mobil kamu sesuai dengan pasal 278 undang-undang lalu lintas angkutan jalan. Karena ini rentan untuk terkena tilang jika kamu disidang di jakarta sedangkan kamu berdomisili di semarang.

Apalagi saat ini kamu juga harus waspada loh, karena sudah berlaku tilang elektronik sehingga ketika kamu melanggar batas kecepatan kendaraam atau pun kamu melanggar lalu lintas akan terekam dengan video dan suarat tilang akan dikirimkan langsung ke alamat rumah kamu.

Aturan Tilang Kendaraan Bermotor Yang Benar

Untuk mengetahui ketika kamu di tilang sudah benar atau tidak adalah bisa mengacu pada peraturan pemerintah nomer 80 tahun 2012 tentang tata cara pemeriksaan kendaraan bermotor di jalan dan penindakan lalu lintas dan angkutan jalan adalah kamu bisa menangyakan apakah petugas yang menilang kamu memiliki surat petintah tugas dan kamu bisa cek apakah tanggal nya sudah sesuai dengan hari ini atau belum. Selanjutnya adalah petuhas yang melakukan penilangan wajib menggunakan seragam dan atribut dari kepolisian sesuai dengan pasal 16 tentang PP tilang. Selanjutnya adalah pada tempat diaman akan dilakukan pemeriksaan kendaraan bermotor maka dilakukan atau di taruh tanda yang cukup bahwa disitu sedang melakukan penilangan dan pemeriksaan serta tanda tersebut minimal paling sedikit berjarak 50 meter saja.

Prosedur Yang Harus Kamu Ketahui Jika Terkena Tilang

Buat om tante yang terkena tilang karena kesalahan, om tante harus tau nih apa saja sih yang harus dilakukan jika terkena tilang, seperti polisi harus jelas menerangkan apa saja kesalahan kamu sehingga kamu diberhentikan dan harus di tilang, polisi juga akan memberitahu kamu pasal berapa saja yang kamu langgar. Selain itu kamu akan di berikan 2 pilihan, jika kamu menerima bahwa kamu memang bersalah dan melanggar kamu akan di berikan slip tilang berwarna biru, selanjutnya kamu bisa membayar denda tilang kamu saat itu juga ke BRI dan setelah itu mengambil kembali baik STNK atau SIM kamu, sedangkan jika kamu merasa kamu tidka bersalah kamu akan di berik slip merah untuk melakukan banding ke pengadilan.

Oh iya sekarang untuk denda tilang mengalami kenaikan ya mulai dari 250 ribu sampai 1 juta lebih loh di pertaturan perundang-undangan lalu lintas yang baru, oleh karena itu yuk kita selalu save reading.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel