iklan responsif

Agar Tidak Tertipu Kenali 11 Ciri Berlian Asli


Rahasiamama.com - Agar tidak Tertipu Kenali 11 Ciri Berlian Asli, Membeli sebuah berlian yang memilii harga yang tidak murah tentu memerlukan ilmu pengetahuan yang cukup, apalagi jika yang akan kamu beli adalah berlian dibawah 0,30 crt yang tentunya tidak disertai dengan sertifikat laboratorium berlian yang terpercaya. selain itu berlian yang tanpa sertifikat lab memang memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan yang memiliki sertfikat laboratorium. hal ini dikarenakan sertfikat berlian sendiri untuk membuatnya diperlukan biaya 100 $ per gram nya.


Selain memerlukan pengetahuan yang cukup jika kamu memang tidak bisa mengetahui berlian terbaik dan berlian palsu kamu bisa mempercayakannya kepada penjual kepercayaan kamu. oleh karena itu untuk mengetahui berlian ini asli atau sintetis atau palsu maka kamu perlu mengetahui ciri berlian asli. nah yuk kita simak apa saja ciri berlian asli yang dapat kamu ketahui sebagai acuan dalam memilih berlian.

ini merupakan ciri berlian asli yang bisa kamu jadikan pilihan kamu.

1. Ciri Berlian Asli Tidak Mengapung di Air
Sebuah berlian merupakan buatan alam sehingga karena berlian merupakan batuan maka memiliki berat tersendiri sehingga ketika berlian masuk kedalam air maka berlian asli akan tenggelam dan tidak akan mengapung.sedangkan berlian sintetis, massonite tidak akan tenggelam jika di masukan dalam kolam air. ciri ini bisa kamu jadikan ciri sebuah ke aslian berlian ya.

2. Ciri Berlian Asli Tidak akan Berkabut
Sebuah berlian asli ketika kamu hembuskan nafas maka dia tidak akan berembun atau berkabut dalam jangka waktu lama. berlian asli atau intan asli tidak akan berkabut dalam jangka waktu lama karena berlian menyerap panas dari hembusan nafas kita.

3. Berlian Asli tidak akan bisa dipanaskan
Sebuah berlian asli tidak akan bisa dipanaskan, hal ini dikarenakan berlian asli mampu menyerap panas yang ada di sekitarnya sehingga jika berlian di panaskan dan ketika berlian kita pegang terasa panas maka dipastikan itu berlian palsu. 

4. Berlian Palsu Terlihat Terlalu Bersih dan Bening
Berlian palsu karena sintetis dan dibuat di lab maka akan menghasilkan berlian yang terlalu bening, bahkan dengan kaca pembesar sapmai 20x pun akan terlihat terlelu bersih tanpa noda tanpa cacat. hal ini patut kamu curigai bahwa itu berlian imitasi, karena sebuah berlian baik dari segi warna dan kejernihan nya ada standar yang bisa di ketahui dan dicek dengan berlian yang akan kamu beli.

5. Berlian Palsu Mudah Tergores
Sebagai sebuah batu yang memiliki tingkat kekerasan paling tinggi yaitu 10 mohs dan di bawah nya ada ruby dengah tingkat kekerasan 9 mohs selain itu ada batu alexsandrite 8,5 mohs. oleh karena itu sebuah berlian asli ketika kamu goreskan ke kaca atau benda lain ia tidak akan tergores sedikitpun. nah jika kamu lakukan hal yang sama ke berlian yang hendak kamu beli dan ia tergores maka bisa di pastikan ia berlian palsu.

6. Berlian Palsu Memiliki Harga Lebih Murah
Sebuah berlian palsu memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan berlian asli, jadi jika ada berlian yang memiliki harga murah kamu patut curiga. berlian asli memiliki standar internasional yang tidak bisa di otak atik lagi. standar ini berbanding lurus dengan kualitas berlian yang di nilai dari 4C yaitu colour, clarity,carat, dan cut. sehingga pastikan kamu mengetahui atau sedikit membaca rapoport untuk mengetahui berlian yang akan kamu beli.

7. Berlian Palsu Memiliki Kilauan yang Berlebihan
Sering kali berlian palsu memiliki kilauan yang berlebihan, warna yang terlalu bening berlebihan, kejernihan yang terlalu berlebihan juga.oleh karena itu jika sebuah berlian memiliki kilauan yang berlebihan maka dipastikan itu berlian sintetis seperti zirkonia cubic, atau massonite yang sulit dibedakan secara fisik langsung.

8. Berlian Asli Hanya Mereflesikan Warna abu-abu
Ketika berlian yang kamu cek memiliki kilaun yang berlebihan kadang di sertai warna biru maka itu berlian massonite alias berlian palsu, begitupun jika ketika berlina itu berpendar berbagai warna seperti kuning, hijau dan merah juga dapat di pastikan itu berlian palsu yang harus kamu jauhi. berlian asli hanya mereflesikan berlian abu-abu yang merupakan refleskasi dari cahaya lampu dan sekitarnya.

9. Berlian Memiliki Warna Terbatas
Sebuah berlian memiliki warna yang terbatas dan secara internasional di mulai dengan warn D yang bening sampai Z yang memiliki warna cola. oleh karena itu jika ada yang menawarkan berlian dengan warna merah, pink, biru, hijau bisa di pastikan itu berlian imitasi jika itu buka berlian imitasi biasanya warna yang keluar merupakan hasil dari heated atau  irradiation yang merupakan proses pewarnaan secara buatan di lab sehingga warna tersebut tidak alami dan memiliki harga yang sangat murah. biasanya berlian yang berwarna merupakan berlian cacat atau memiliki kejernihan yang jelek sehingga di beri warna untuk memningkatkan harganya.

10. Cek Bahan Pemasangan Berliannya
Sebuah berlian tidak akan dipasangkan di material berbahan perak, tembaga atau aloy, sebuah berlian juga umumnya tidak akan di pasanga di rangka emas yang memiliki kadar dibawah 18K. jika itu benar sebuah berlian maka rangkanya akan dibuat dengan standar internasional dengan kualiats emas 18K dan berliannya sendiri di apit dengan sangat rapih. hal ini dikarenakan harga berlian lebih mahal daripada emas selaini itu jika bukan emas maka kilauan berlian tidak akan stand out jika dipasangkan dengan yang perak, palladium, titanium dan lainnya. berlian hanya berjodoh dengan emas 18K dan seimbang berkilau dengan emas.

11. Pastika Memiliki Sertifikat Lab
sebuah berlian yang memiiki besar minimal 0,30 crat memang bisa disertfikat jika memiliki colour D/F dan kejernihan VVS bisanya di hargai Rp. 8-10 juta rupiah sudah memiliki sertifikat GIA. jika berlian tersebut tanpa sertifikat GIA memiliki harga yang jauh lebih murah yaitu 5-6 juta saja namun jika kamu awam memiliki sertifikat GIA merupakan investasi yang menguntungkan karena ketika kamu jual lagi semua toko akan menerimanya. berlian yang memiliki sertfikat GIA pu memiliki kode di pinggiran berliannya yang merupakan nomer seri pemeriksaannya.

nah semoga hal ini dapat membantu kamu ya



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel