iklan responsif

Pengertian Backlink dan Jenis-Jenisnya Backlink yang Biasa Digunakan


Pengertian Backlink dan Jenis-Jenisnya Backlink yang Biasa Digunakan. Apa sih itu backlink dan apa sih beda backlink dengan SEO. sering nih hal ini jadi pertanyaan,karena keduanya merupakan ilmu yang bisa meningkatkan rangking web dan membuat trafic web kita ngalir deras sehingga kita selaku pemikik web bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah baik dari hasil jualan online maupun web yang berisi google adsen.



Backlink sendiri sebenarnya merupakan bagian dari SEO, akan tetapi karena SEO ini terlalu besar dan global sehingga beberapa internet marketer mensendirikan ilmu backlink ini menjadi sesuatu ilmu khusus untuk di dalami lebih dalam lagi. 

Jika SEO berkisar tentang Kata kunci yang dikejar sepert "cincin Berlian" maka backlink merupakan link-link yang internal maupun eksternal yang di arahkan dan di tunjukan kepada web kita untuk memberi tahukan kepada google bahwa web kita merupakan web terpercaya.

Pengertian Backlink dan Apa itu Backlink

Backlink adlah sekumpulan link-link dari dari berbagai sumber web lain yang di arakhan kepada web utama guna menaikan rangking dan kepercayaan google sehingga bisa menaikan trafic, menaikan pagerank serta meningkatkan popularitas pencarian di google.

backlink sendiri terdiri dari 2 yang umumnya digunakan, yang pertama internal backlink. contoh internal dari backlink seperti dibawah ini

Link Internal : 
Nah tulisan di atas jika kamu klik akan mengarah ke artikel lain, itulah yang disebut dengan backlink internal, dalam pembuatan artikel yang ber SEO kamu wajib memasukan link internal guna memberitahu google bahwa artikel tersebut memiliki kualitas baik.

Sedangkan link eksternal adalah sekumpulan link dari web lain yang di arahkan ke web kita. contoh dari link eksternal adalah sebagai berikut

Link Eksternal :
Link eksternal sendiri dibagi menjadi 2 kriteria kembali, yang pertama adalah Backlink satu arah dan yang kedua adalah Reciprocal backlink. nah yuk kita bahas apa sih backlink satu arah itu dan apa contoh contoh yang bisa kamu gunakan untuk web kamu.

Backlink Satu Arah
Sesuai dengan nama nya, backlink satu arah ini merupakan link-link yang hanya satu arah untuk di tunjukan ke satu web tanpa web tersebut mengirim balik link nya.nah salah satu contoh backlink satu arah yang dapat kamu lakukan untuk mengoptimalkan web kamu bisa kamu cek dibawah ini ya.

  • Koment Blog : umunya setiap blog atau web memiliki blog komen dibagian bawah, disitu kamu bisa menulis anchor text yang sesuai dengan url web yang sedang kamu lakukan optimasi. nah jika kamu belum tau apa itu anchor text, ia adalah sekumpulan text yang berisi tautan yang bisa di klik dan umunya akan berwarna biru dan memiliki garis lurus di bawahnya, ketika kamu klik maka kamu akan di arahkan ke link web yang di tuju, contoh dari anchor text adalah seperti internal link di atas.
  • Forum tanda tangan : di beberpa blog memang penulis menyediakan signature forum bagi pengunjungnya untuk menepatkan dan mengarahkan link satu arah bagi website kamu. sehingga web kamu memiliki pagerank terbaik.
  • Penanda Sosial : atau bookmark sendiri biasanya adalah untuk menandai website favorit atau pilihan. fasilitas ini bisa loh disimpan di browser. nah fungsi bookmark sendiri memudahkan kamu untuk menyimpan website dengan jumlah banyak, sehingga kamu bisa memasukan link backlink kamu dalam jumlah banyak di website. selain itu dengan penanda sosial ini kamu bisa mengkategorikan link web dengan tema atau bahasan tertentu. selain itu dengan adanya bookmark di browser kamu, kamu dapat menghemat waktu kamu ketika kamu sering mengunjungi web yang sering kamu kunjungi. nah jika kamu ingin memisahkan dan menggabungkan web per web berdasarkan kategori kamu bisa menekan CTR+D untuk memanggil penanda sosial/bookmark di komputer mu.
Reciprocal Backlink/ Backlin 2 Arah

backlink 2 arah ini biasanya ketika kamu menambahkan link di website orang lain  maka orang lain akan menambahkan link web kamu di web nya sendiri sehingga saling memberika keuntungan guna meningkatkan pageranknya. backlink 2 arah ini juga terdiri dari 2 macam.

  • Saling tukar link : saling tukar link ini artinya saling memerikan link di antara pemilik website agar saling mendapatkan backlink berkualitas dan terbaik di antara mereka.
  • Direktori website : ialah ketika orang lain manaruh link-link website di web kamu tapi dalam bentuk gambar dalam banner sehingga ketika di klik akan di arahkan ke link tujuan.
Selain banyaknya backlink dan cara-cara mendapatkan link di atas guna memberikan pagerank tinggi sehingga memberikan trafik tinggi. selain itu ada juga link building yang bermanfaat sama seperti backlink di atas. link building sendiri adalah penanaman backlink ke situs kamu atau tujuan.

guna link building sendiri selain bermanfaat untuk membangun backling yang kuat. selain itu cara membuat dan menaruh link building sama seperti backling. untuk dapat menggunakan link building ini usahakan kamu menanam link building secara alami sehingga tidak menimbulkan kecurigaan dari pihak mesin pencari.

semoga artikel ini bermanfaat buat kamu ya....



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel