iklan responsif

Ini Cara dan Syarat Mengurus Ijin Usaha Perdagangan Toko Online Shop

Ini Cara dan Syarat Mengurus Ijin Usaha Perdagangan Toko Online Shop . Hari ini para pemilik toko online shop tentu mulai merasa khawatir akan persayaratan yang mewajibkan adanya surat ijin perdagangan untuk para pedagan online shop di marketplace maupun di web toko milik sendiri. hal ini mulai di tanggapi negatif oleh para pedagang online dan pembeli yang biasa membeli dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli secara offline. selain itu di pihak para pedagang mengalami kesulitan dan ketidak mengertian tentang cara pembuatan ijin usaha perorangan untuk berdagang dalam dunia online ini. Memang maksud pemerintah dalam hal ini baik dan untuk melindungi serta mensensus jumlah pedagang yang belum terdata secara nasional. namun ujung dari ini semua adalah tentunya pemerintah ingin mengintip, melindungi dan menarik pajak dari para pedagang online yang sudah memiliki kecukupan atau memenuhi syarat-syarat di kenakan nya pajak bagi para pedagang. nah yuk simak apa saja persyaratan dan cara mengurus sampai selesai ijin yang di butuhkan.

Sejak Pemerintah mengeluarkan peraturan pemerintah nomer 80 tahun 2019 tentang perdagangan melalui sistem elektronik atau disingkat PMSE kewajiban bagi pedagang online pun bertambah dengan harus adanya Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) yang memang harus di miliki jika kamu ingin berjualan di marketplace seperti tokopedia, bukalapak, shope dan lain nya. untuk syarat pengurusan SIUP seperti di bawah ini  ya : 

  1. KTP asli dan Fotocopy KTP Jika hendak di kuasakan kamu wajib membuat surat kuasa bermaterai ya
  2. Fotocopy NPWP 
  3. Mengisi Formulir Permohonan SIUP yang di sediakan 
  4. Surat pernyataan belum memiliki SIUP
  5. Softopy Foto Penanggung jawab dengan latar belakang merah ukuran 3x4 sebanyak 3 lembar
  6. Membuat surat pernyataan kedudukan usaha atau badan usaha

Nah untuk ijin Tanda Daftar Perusahaan Ijin dan Syarat nya seperti dibawah ini ya Gaes :
  1. Kamu wajib melampirkan foto copya KTP kamu atau jika dikuasakan wajib membuat surat kuasa bermaterai 6000 ribu loh.
  2. Selanjutnya kamu membuat surat pernyataan belum memiliki Surat Tanda Daftar Perusahaan (TDP) serta surat keaslian dokumen yang akan kamu serahkan.
  3. KTP dari pemilik berikut Fotocopyannya
  4. Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP)
  5. KTP, NPWP, KK Pemilik usaha atau penanggung jawab Perusahaan/usaha
  6. Surat Pernyataan kedudukan usaha/ badan usaha
Mudahkan persyaratan dalam mengurusnya, untuk kamu yang berlokasi di jakarta tentu lebih dimudahkan dan diuntungkan,karena tersedia pengurusan secara online yang bisa kamu akses di siini ya http://pelayanan.jakarta.go.id/ namun jika kamu hendak mengurus langsung pun bisa, tinggal datang saja langsung ke PTSP terdekat ya.

umumnya untuk mengurus SIUP membutuhkan waktu 2 minggu dan untuk mengurus TDP juga membutuhkan 2 minggu pula. sehingga semuanya mengurus dalam waktu 4 minggu sampai semuanya selesai. dan semuanya bisa kamu dapatkan secara GRATIS tanpa di pungut biaya.

Untuk kamu yang berjualan di marketplace kamu tidak perlu mengurus Penyelenggara Secara Elektronik (PSE) di kominfo karena proses perijinan ini bukan kamu yang perlu mengurus melainkan pemilik marketplace nya. 

Selain itu kamu juga bisa Mendaftar melalui Online Single Submision atau disingkat OSS.

jadi buat kamu para pedagang online yang tidak mendaftarkan usahanya atau memiliki SIUP dan TDP akan dikenakan denda sesuai dengan UUD yang berlaku loh. oleh karena itu sebelum lebih lama lagi dan terlambat yuk kita daptar di masing-masing kelurahan tempat kamu, gratis kok.









Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel