iklan responsif

Cara Buat 1 PC Bisa 2 monitor, 3 monitor 4 monitor dan Jenis jenis Spliter VGA

Saat ini ini kebutuhan seseorang akan akses internet semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi menjadi generasi 4.0 yang mana semua hal bisa dilakukan dengan kendali jarak jauh serta akses internet yang lancar. Oleh karena itu banyak pula para youtuber,pengusaha online dan lainnya membutuhkan lebih dari satu monitor layar dalam 1 pc atau personal computer guna menghandle berbagai kebutuhan pekerjaannya dan membagi bagi layar guna memudahkan pekerjaan tersebut. Memang saat ini para produsen layar seperti samsung,polytron, dell dan lainnya sudah mengeluarkan edisi layar untuk penggunaan Personal computer dengan bentuk melebar atau wide bahkan ultrawide. Untuk harga monitor monitor terbaru ini di mulai dengan harga 1,5 juta rupiah sampai belasan juta, namun buat kamu yg memiliki budget terbatas kamu.bisa kok memanfaatkan monitor lama kamu agar bisa di tampilkan dalam 2,3,4 atau bahkan 6 monitor layar sekaligus tanpa membeli monitor baru. Kamu cukup membeli  monitor bekas yang saat ini memililki harha bekasnya 300 ribuan saja. Yuk disimak perlatan apa saja yg kamu butuhkan untuk dapat menggunakan 2 monitor atau 3 monitor bahkan 4 monitor secara bersamaan dan dapat menampilkan halaman yang berbeda sekaligus.


Sebelum masuk ke pembahasan lebih lanjut baiknya kita mengenal terlebih dahulu colokan pada VGA komputer kita yang dapat disambungkan dengan monitor. dalam VGA card terdapat 3 colokan yang dapat kamu gunakan untuk menyambungkan dengan monitor yaitu terdiri dari HDMI, VGA dan DVI dari ketiga ini umumnya terdapat pada konektor VGA card di komputer kamu.

nah untuk DVI sendiri kamu mesti perhatikan baik baik karena saat ini terdapat beberapa DVI yang berbeda sampai 5 jenis DVI yang berbeda namun umumnya DVI yang biasa di gunakan di indonesia terdapat 2 jenis DVI Lama dan Baru. 

DVI lama umumnya disebut DVI-D dual link menggunakan splitter untuk kontrol 2 monitor tapi hanya ke digital saja.

Sedangkan DVI terbaru disebut dengan DVI-I dual link (digital dan analog) menggunakan spiltter untuk kontrol 2 monitor termasuk untuk kontrol monitor analog dan digital.

 nah setelah kita tau konektor pada VGA card komputer dan laptop kita kita bisa mulai menyambungkan komputer dan monitor kita.

1. Splitter VGA


Spilter ini bisa kamu gunakan untuk satu kamu colok kan ke VGA card dan yang 2 ini bisa kamu sambungkan ke monitor 1 dan monitor ke 2 kamu. jika sudah kamu colokan maka layar di komputer 1 dan 2 akan menampilkan layar yang sama atau bisa disebut juga dengan duplicate, umumnya hal seperti ini digunakan untuk presentasi dan menampilkan gambar yang sama di kedua layar. jadi jika layar A kursor ke kanan maka layar b kursor ke kanan dan apa yang di tampilkan di layar A akan muncul di layar B.

2. Spiltter VGA 4 Monitor

Nah kamu juga bisa membeli VGA spiltter ini, spiltter vga ini bisa kamu gunakan 1 pc untuk 4 monitor sekaligus dengan harga di bawah 100 ribu kamu sudah sangat mudah dalam membagi layar layar komputer ke dalam monitor yang sudah kamu siapkan.

3. Splitter HDMI
Buat kamu yang lebih senang menggunakan Port HDMI kamu juga bisa membeli port tambahan untuk menghubungkan monitor dan komputer yang sedang kamu gunakan. kelebihan menggunakan HDMI adalah trasnfer yang sangat cepat dibandingkan dengan port seperti VGA dan DVI, kecepatan transfernya sendiri menyentuh angka 5 Giga persecond. Kabel dari HDMI sendiri sering dikenal dengan kabel tunggal sehingga lebih praktis dalam penggunakan dan pengaplikasiannya. 

untuk kabel hdmi sendiri memang memiliki 3 jenis yang terdiri dari micro, mini dan full HDMI. nah jika kamu hendak menyambungkannya dengan smartphone maka kamu dapat menggunakan HDMI micro sedangkan untuk HDMI mini digunakan untuk PC dan terkahir hdmi full umumnya digunakan untuk PC serta Laptop. 

selain dari segi bentuk, HDMI sendiri memiliki 2 tipe yang umumnya digunakan di indonesia yaitu HDMI tipe A dengan 19 Pin dan terakhir tipe B dengan oin yang dimiliki berjumlah 29 pin. semakin banyak pin pada sebuah HDMI maka kualitas video dan kecepatan HDMI akan semakin bagus. Dhmi sendiri mulai diperkenalkan dan dijual secara komersial di tahun 2003.

4. Spiltter DVI
Spilter DVI ini juga bisa kamu beli untuk membuat layar monitor kamu menjadi lebih banyak, kamu bisa membeli Spiltter ini yang memiliki 2 port 3 bahkan 6 port DVI. DVIhttps://www.wikipedia.org/ sendiri memiliki pekanjangan dari Digital Visual Interface. DVI memang di maksudkan untuk menghasilkan transfer yang lebih bagus sehingga ketika kamu menghubungkan komouter dengan monitor menggunakan DVI akan menghasilkan gambar yang lebih maksimal. 

Dvi sendiri memiliki berbagai tipe yang dapat kamu pakai namun umumnya di indonesia hanya menggunakan 2 tipe lama dan baru saja, untuk tau modelnya kamu bisa melihat di gambar di bawah ini ya.
jika kamu belum menemukan splitter untuk menghubunkan 2 monitor kamu bisa kkok memanfaatkan yang ada seperti satu monitor kamu hubungkan dengan VGA komputer sedangkan monitor ke 2 kamu hubungkan dengan DVI sehingga kedua monitor dapat kamu gunakan dan manfaatkan untuk membagi pekerjaan dalam 2 monitor.


semoga tulisan ini bermanfaat buat kamu ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel